5 Hal Wajib Diperhatikan Sebelum Serah Terima Rumah Baru

5 Hal Wajib Diperhatikan Sebelum Serah Terima Rumah Baru

Ide Tipe Rumah Simple Sederana untuk Pasangan Milenial dengan Budget Terbatas--Google Photos

FIN.CO.ID - Membeli rumah baru adalah salah satu pencapaian besar dalam kehidupan. Sebelum rumah jadi milik Anda seutuhnya dan diterima secara sah, ada beberapa langkah penting yang perlu diambil seperti proses serah terima rumah.

Serah terima adalah saat kunci fisik rumah diserahkan kepada Anda untuk menjadi pemilik sah rumah. 

Sebelum langkah ini diambil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diperiksa untuk memastikan bahwa rumah tersebut memenuhi standar kualitas dan spesifikasi yang dijanjikan.


contoh rumah subsidi --

Berikut adalah lima hal yang perlu diperhatikan sebelum serah terima rumah baru menurut Gravel, seperti dikutip Sabtu.

1. Dokumen dan Kontrak

Periksa semua dokumen pembelian rumah, terutama akta kepemilikan, akta jual beli, dan perjanjian tertulis lainnya yang telah Anda tandatangani.

Pastikan dokumen tersebut sesuai kesepakatan dan tidak ada ketidaksesuaian mencolok. Periksa juga janji pemilik sebelumnya atau pengembang terkait peralatan dan fasilitas yang harus ada dan berfungsi.

Apabila terdapat perbedaan antara kontrak dan kenyataan di lapangan, Anda berhak meminta spesifikasi sesuai kontrak, pastikan hal ini didiskusikan dengan pihak berwenang sebelum serah terima.

2. Kualitas Bangunan

Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kualitas bangunan, termasuk dinding, atap, lantai, dan plafon. Perhatikan apakah ada kerusakan atau retakan yang signifikan. Periksa juga instalasi listrik, air, dan gas.

Cobalah saklar, stop kontak, dan kran untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Selain itu, cek kualitas finishing rumah, termasuk cat dinding, lantai, keramik, dan perabotan yang telah dijanjikan dalam kontrak.

3. Drainase dan Sanitasi


Ide Tipe Rumah Simple Sederana untuk Pasangan Milenial dengan Budget Terbatas--Google Photos

Drainase yang efisien sangat penting untuk mencegah masalah kebocoran dan kerusakan akibat genangan air. Periksa saluran air, saluran pembuangan, dan toilet untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Pastikan tidak ada masalah kebocoran atau penyumbatan yang dapat mengganggu kenyamanan di rumah baru. Pemeriksaan ini akan membantu Anda menghindari masalah yang bisa timbul di masa depan.

4. Izin dan Sertifikat

Sebelum menerima kunci rumah, pastikan bahwa rumah telah memenuhi semua peraturan dan perizinan yang diperlukan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: