Promo Tarif LRT Jabodebek Lebih Murah, Hanya Rp3.000 saat Akhir Pekan dan Libur Nasional

Promo Tarif LRT Jabodebek Lebih Murah, Hanya Rp3.000 saat Akhir Pekan dan Libur Nasional

Promo LRT Jabodebek Hanya Rp3.000 saat Akhir Pekan dan Libur Nasional-@lrt_jabodebek-instagram

FIN.CO.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terapkan promo terbaru pada akhir pekan Light Rall Transit (LRT) Jabodebek.

Naik LRT lebih murah lantaran Kemenhub adakan promo naik LRT Jabodetabek dengan tarif Rp3.000 untuk akhir pekan dan libur nasional.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati sampaikan jika perubahan tarif LRT Jabodebek demi optimalkan layanan pada akhir pekan.

"Berdasarkan hasil evaluasi kami di lapangan, kami merasa perlu melakukan perubahan tarif untuk mengakomodasi dan memberi kesempatan lebih luas kepada masyarakat yang belum mencoba LRT Jabodebek, khususnya bagi yang ingin bepergian dan berwisata menggunakan moda ini di akhir pekan," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

BACA JUGA:


ini dia jadwal LRT Jabodebek--

Sedangkan, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal menyebutkan pasca dilakukan evaluasi, didapati bahwa penumpang LRT Jabodebek didominasi (70,81 persen) oleh penumpang yang menggunakan moda transportasi tersebut dengan jarak 12-33 kilometer (km).

Sebagian besar dari kelompok penumpang tersebut merupakan penumpang yang harus membayar dengan tarif maksimal untuk jarak terjauh.

"Oleh sebab itu, kami pertimbangkan agar batas atas tarif maksimal LRT Jabodebek dapat diturunkan sehingga tidak memberatkan penumpang jarak jauh yang menjadi pelanggan mayoritas layanan ini," ujar Risal.

Adapun, tarif promo yang akan diberlakukan per Minggu 22 Oktober 2023 hingga akhir Februari 2024, yakni pemberian diskon sebesar 50 persen untuk batas maksimal pada akhir pekan dan hari libur nasional.

BACA JUGA:

Dengan pemberlakuan promo tersebut, maka tarif LRT Jabodebek yang berlaku pada akhir pekan ialah Rp3.000 pada kilometer pertama dan Rp700 untuk tiap kilometer selanjutnya dengan tarif maksimal sebesar Rp10.000.

"Sementara untuk hari kerja (weekday) skema tarif yang digunakan masih sesuai dengan tarif saat ini, yaitu Rp3.000 pada kilometer pertama dan Rp700 untuk tiap kilometer selanjutnya dan tarif maksimal sebesar Rp20.000," kata Risal.

Terkait dengan capaian angkutan LRT Jabodebek, Risal mengatakan sejak mulai dioperasikan pada 28 Agustus 2023 hingga 11 Oktober 2023, layanan itu telah mengangkut penumpang sebanyak 2.006.588 orang.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: