Erick Thohir Cawapres Prabowo Paling Potensial untuk Saingi Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar

Erick Thohir Cawapres Prabowo Paling Potensial untuk Saingi Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) mengendarai kendaraan taktis Maung 4x4 bersama Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang berada di kursi belakang di kompleks PT Pindad (Persero), Malang.-ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto-

FIN.CO.ID - Nama Menteri BUMN Erick Thohir disebut-sebut pantas menjadi calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto.  

Akademisi Universitas Bengkulu Panji Suminar mengatakan, setelah PDIP mengusung Mahfud MD menjadi cawapres Ganjar Pranowo,  Erick dianggap sebagai sosok yang tepat untuk mendampingi Prabowo.  

"Sekarang arus kuatnya ke Erick Thohir, ketika PDIP memutuskan memilih Mahfud MD sebagai cawapres mendampingi Ganjar," kata Panji Suminar, Jumat 20 Oktober 2023. 

Menurut Panji, Prabowo harus memilih cawapres yang memiliki kematangan secara usia dan kematangan dalam berpolitik.

Hal ini agar bisa menyaingi sosok cawapres lain seperti Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang menjadi cawapres Anies Baswedan.

Panji menilai, sosok cawapres yang bisa mendampingi Prabowo semakin terbatas. Hanya ada empat nama, yakni Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa, Ridwan Kamil (RK), Erick Thohir, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

BACA JUGA:

 Ia melanjutkan, meski Ridwan Kamil dianggap sebagai sosok yang potensial, tetapi dirasa sulit karena ada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang juga ingin mendampingi Prabowo menjadi cawapres. 

Alasan lainnya yakni Ridwan Kamil memiliki lumbung suara di Jawa Barat yang dimana Prabowo Subianto memiliki basis suara yang cukup kuat.

Panji menilai, Prabowo Subianto memerlukan ceruk suara di provinsi-provinsi lain untuk memastikan kemenangan dalam kontestasi Pilpres 2024.

Kemudian, sosok Khofifah Indar Parawangsa merupakan sosok potensial apalagi Gubernur Jawa Timur tersebut diyakini dapat menyaingi Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar dalam meraih suara Jawa Timur maupun warga Nahdliyyin.

Namun sayangnya, Khofifah, menurut Panji, berpotensi merapat ke Mahfud MD mendukung Mahfud di pilpres sebagai sesama Gusdurian atau ke Muhaimin Iskandar kalau mampu memastikan Khofifah tetap mendukung PKB di pilpres.

Berikutnya nama yang menguat sebagai pasangan Prabowo Subianto adalah Gibran Rakabuming Raka, apalagi sudah terbuka kesempatan Gibran bisa maju usai putusan Mahkamah Konstitusi tentang kepala daerah dapat maju pilpres.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: