Cara Mengobati Kaki Kenari Jamuran, Dijamin Ampuh!

Cara Mengobati Kaki Kenari Jamuran, Dijamin Ampuh!

kaki Kenari Jamuran--

FIN.CO.ID - Kali ini kami coba berbagi mengenai cara mengobati kaki burung yang mengalami luka atau lebih tepatnya luka karena jamur ataupun bubulan yang dalam bahasa kerennya scaly leg. 

Sebelum kita membahas bagaimana mengobatinya, alangkah  baiknya kita mengetahui ciri-ciri burung yang terkena jamur.

Biasanya, burung yang terkena jamur lebih sering mengangkat kaki. baik saat sendiri maupun saat berkicau. Jika kaki burung kesayangan anda mengangkat kaki, Waspadalah, Waspadalah, Waspadalah....!!!

Penyebab angkat kaki atau penyebab jamur pada kaki burung sebenarnya banyak faktor, mulai dari kelebihan serat makanan, tangkringan dan karpet alas yang kotor, sampai mal nutrisi. Pada intinya, sang pemilik teledor sehingga lupa akan kebersihan sangkar.

Tapi pada umumnya pemilik burung mengetahui kaki yang terluka saat kondisi sudah mulai parah. Ataupun luka sudah menyebar. Nah ini nih yang bahaya. Hehehehe. Baik, langsung kita bahas aja ya cara pengobatannya. 

  1. Pertama kita siapkan dulu bahannya, yang pertama kita siapkan adalah wadah untuk menampung air hangat, bisa gelas, mangkuk ataupun cepuk yang biasa digunakan untuk mandi. Kali ini saya menggunakan wadah cepuk. 
  2. Selanjutnya adalah salep anti jamur. Sebenarnya ada banyak varian salep anti jamur, seperti salep 88, ataupun salep jamur yang memang dikhususkan untuk burung. Tapi karena salep untuk burung agak mahal, jadinya saya pakai Benoson N (sebenarnya ini untuk manusia). 
  3. Persiapkan juga tisu atau lap untuk mengeringkan.  

BACA JUGA:

Penting untuk diperhatikan, alangkah baiknya mengobati kaki berjamur saat kondisi sudah menjelang malam atau lebih baik malam hari.


Perlengkapan untuk membasmi jamur kenari--

Hal ini dimaksudkan agar setelah diobati, burung tidak banyak beraktivitas dan bisa langsung tidur. 

Setelah bahan siap, langkah selanjutnya adalah :

  1. Menangkap burung yang kakinya terluka atau terkena jamur. Setelah burung ditangkap, biarkan burung tenang dalam genggaman, agar  burung tidak meronta saat dioles nantinya,
  2. Setelah agak tenang, baruah secara perlahan kita memasukkan kaki burung ke dalam wadah berisi air hangat. Hal ini berfungsi untuk membunuh kuman atau bakteri. Selain itu, pemberian air hangat juga bisa membuat burung merasa nyaman.
  3. Setelah sekiranya kaki burung bersih, lap menggunakan kain ataupun tisu yang sudah disediakan. lap sampai kering, jangan ada air yag tersisa. Karena jamur sangat suka tempat yang lembab.
  4. Yang terkahir kita oleskan salep anti jamur ke bagian yang luka atau memang ada jamurnya. Jangan terlalu tebal mengoleskannya, oleskan tipis lebih baik, tetapi merata diseluruh permukaan yang terkena jamur.
  5. Ulangi langkah tersebut sampai jamur pada kaki hilang. Dibutuhkan proses dan kesabaran memang. Kalau jamur sudah semakin parah, pengobatan bisa dilakukan tiga sampai lima hari seterusnya.

Okaaaay Selamat Mencoba.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: