Survei ISC: Prabowo Subianto Unggul Telak dari Ganjar dan Anies, Banyak Dipilih Warga NU dan Muhammadiyah

Survei ISC: Prabowo Subianto Unggul Telak dari Ganjar dan Anies, Banyak Dipilih Warga NU dan Muhammadiyah

Prabowo Subianto dan Lutfi bin Yahya--Instagram @Prabowo

FIN.CO.ID- Bakal Calon Presiden (bacapres) Prabowo Subianto merajai hasil survei elektabilitas bacapres yang dilakukan oleh lembaga survei Indonesia Survei Center (ISC). 

Prabowo unggul telak dari dua bacapres lain, yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. 

"Prabowo mendapat 42,3 persen, Ganjar Pranowo 33,1 persen dan Anies Baswedan 20,4 persen. Lalu yang tidak menjawab 4,2 persen," kata peneliti ISC Chairul Pane saat pemaparan hasil survei secara daring di Jakarta, Rabu 4 Oktober 2023.

ISC melakukan survei di tengah masyarakat dengan memberikan pertanyaan bahwa "jika pemilihan presiden dilaksanakan hari ini, siapa calon presiden yang akan dipilih dengan simulasi tiga pasang calon?"

ISC juga melakukan simulasi head to head, yakni jika pemilihan presiden hanya dihadapkan dua pasangan calon, siapa yang paling unggul.


Prabowo Subianto dan Gus Miftah di Yogyakarta--Instagram @Prabowo

BACA JUGA:

Berdasarkan jawaban responden, ketika Prabowo dihadapkan dengan Ganjar, hasilnya menang Prabowo dengan skor 51,4 persen berbanding 39,2 persen.

Sementara ketika Prabowo dihadapkan dengan Anies Baswedan, skor Prabowo juga lebih unggul, yakni 55 persen berbanding 35,1 persen.

"Prabowo masih berada di puncak elektabilitas untuk simulasi tiga capres dan simulasi head to head, baik dengan Ganjar ataupun Anies," ujarnya.

Prabowo Banyak Dipilih Warga Muhammadiyah dan NU

Selain itu, kata Chairul, ISC juga mengukur pemilih dari latar belakang kelompok organisasi kemasyarakatan. 

Sebanyak lima kategori yang disodorkan, yakni Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Salafiyah, bukan ormas Islam dan yang tidak bersedia menjawab.

BACA JUGA:

Dari data yang disajikan ISC, mayoritas masyarakat yang berlatar belakang NU cenderung memilih Prabowo Subianto dengan persentase 36,3 persen. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: