Ngarak Perahu Maulid, Tradisi Muludan Warga Kota Tangerang Sejak Tahun 1939

Ngarak Perahu Maulid, Tradisi Muludan Warga Kota Tangerang Sejak Tahun 1939

Tradisi Ngarak Perahu Maulid di Kota Tangerang--Rikhi Ferdian Untuk FIN

FIN.CO.ID -- Tradisi ngarak perahu maulid masih rutin digelar oleh masyarakat Kota Tangerang pada momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Tradisi tahunan yang digelar sejak tahun 1939 itu pun diikuti dengan antusias oleh warga yang memadati kawasan wisata Pasar Lama tepatnya di depan Masjid Agung Al-Ittihad, Kamis 28 September 2023.

Ngarak perahu maulid merupakan salah satu rangkaian dari acara Muludan Al-Ittihad yang turut diisi dengan pawai gunungan oleh masyarakat dari 13 Kecamatan di Kota Tangerang.

"Dengan kita bermuludan dan Ngarak Perahu Maulid yang merupakan tradisi budaya kita sejak 1939, ini merupakan wujud upaya kita dalam melestarikan khazanah budaya sekaligus nilai-nilai kebudayaan islam di Kota Tangerang," tutur Wali Kota Arief R. Wismansayah.


Semarak Acara Ngarak Perahu Maulid di Kota Tangerang--Rikhi Ferdian Untuk FIN

Selain Ngarak Perahu Maulid, acara Muludan Al-Ittihad yang dihadiri olah para habaib, ulama dan umaro Kota Tangerang.

Acara juga dimeriahkan dengan Pembacaan Ratibul Athos dan Rawi Simthud Duror bersama Habib Alwi bin Thohir Alhusainy, makan bareng 1445 porsi nasi kebuli serta pemberian santunan kepada anak-anak yatim.

"Semoga momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, selain dapat meningkatkan ibadah dan ketaatan kita terhadap ajaran-ajaran nabi, juga dapat meningkatkan solidaritas dan kepedulian untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan," papar Arief.

Sebelumnya, pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Pemkot Tangerang juga menggelar pawai obor sebagai pembuka rangkaian kegiatan Festival Maulid Nabi Muhammad SAW Kota Tangerang 2023.

Arak-arakan dengan menggunakan obor elektrik itu masyarakat Kota Tangerang tampak antusias mengikuti pawai seraya bersholawat.

"Luar biasa antusiasmenya dan ini juga merupakan salah satu upaya dan sarana untuk mendukung UMKM lokal di Kota Tangerang, di mana dalam setiap event dan gelaran yang kita lakukan selalu kita libatkan." imbuh Arief.

Tak lupa, Arief, kembali menyerukan serta mengajak seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk hadir memeriahkan gelaran Festival Maulid 2023.

Sedianya festival maulid nabi ini digelar selama 5 hari dari tanggal 27 September hingga 1 Oktober 2023 yang diselenggarakan di sekitar Masjid Raya Al A-zhom dan Taman Elektrik Puspem Kota Tangerang.

"Hadir dan ramaikan," imbuh Arief.

Lanjutnya, karena selain pawai obor elektrik dan gunungan akan ada banyak persembahan di Festival Maulid Nabi Muhammad SAW 2023.

"Seperti pertunjukan Ka'bah Metaverse, pertunjukan Gambus El Mahbub dan juga sholawatan bersama Gus Azmi dan Gus Manshur serta tausiyah dari Ustadz Hanan Attaki," tandasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: