Fasilitasi Warga yang Ingin Kerja di Luar Negeri, Disnaker Tangerang Buka Kursus Bahasa Bagi Calon TKI

Fasilitasi Warga yang Ingin Kerja di Luar Negeri, Disnaker Tangerang Buka Kursus Bahasa Bagi Calon TKI

Ruang Job Fair Online Milik Pemkot Tangerang--Rikhi Ferdian Untuk FIN

Lab Bahasa Bagi Calon TKI di Tangerang -- Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang tengah mempersiapkan Lab Bahasa atau fasilitas Kursus Bahasa bagi warganya yang ingin bekerja di luar negeri.

Kepala Disnaker Kota Tangerang Ujang Hendra Gunawan mengungkapkan, rencananya lab bahasa bagi calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) itu akan dibuka di lantai empat Gedung Disnaker, Kota Tangerang.


Ruang Job Fair Online Milik Pemkot Tangerang--Rikhi Ferdian Untuk FIN

Menurutnya, lab bahasa bagi calon TKI ini menjadi trobosan baru Pemkot Tangerang dalam pengurangan angka pengangguran di Kota Tangerang.

"Pasalnya, Disnaker telah memiliki program perlindungan penempatan tenaga kerja luar negeri dengan bentuk sosialisasi lowongan di luar negeri," terangnya, Rabu 27 September 2023.

Maka dari itu, sambung Ujang, Disnaker Kota Tangerang ingin mengembangkannya dengan ditunjang oleh keberadaan Lab atau Kursus Bahasa ini.

"Tahap awal dipersiapkan kelas lima bahasa," imbuhnya.

Ia juga menyebut sejak tahun 2020 hingga saat ini, pihaknya rutin menggelar virtual job fair.


Kegiatan Job Fair Online di Kota Tangerang--Dok Pemkot Tangerang

Di bulan ini saja lewat virtual job fair disnaker menyiapkan 3.541 lowongan pekerjaan, khusus bagi para pencari kerja yang ber-ktp Kota Tangerang, yang disiarkan secara langsung melalui kanal youtube Kota Tangerang.

"Pada virtual job fair bulan ini ada 3.541 lowongan dengan 132 formasi jabatan dari 30 perusahaan," ujarnya.

Ujang melanjutkan, job fair di bulan September ini merupakan event yang ke 37 kalinya, semenjak September 2020.

Ia menyebutkan, hingga saat ini virtual job fair telah menyerap tenaga kerja sebanyak 18.944 orang dengan rincian 17.609 warga Kota Tangerang dan 1.335 warga luar Kota Tangerang.

"Job fair ini digelar semata untuk mengentaskan angka pengangguran di Kota Tangerang," ucapnya.

Di lain pihak, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia (RI) juga telah mengukuhkan Pengurus Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dengan Industri (FKLPI) Daerah Kota Tangerang periode 2023 – 2026. 

Ada 30 anggota FKLPI Kota Tangerang terdiri dari organisasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Lembaga Pelatihan Kerja, Bursa Kerja Khusus dan lainnya. Dibentuknya FKLPI  meningkatkan sumber daya manusia di Kota Tangerang, untuk mampu bersaing di dunia kerja.

Yang mana, dengan adanya FKLPI dapat menyelaraskan dan menyinergikan lembaga pelatihan untuk pemberdayaan lulusan Balai Latihan Kerja (BLK) dalam hal penempatan kerja maupun wirausaha.

Ujang pun meminta anggota yang telah dikukuhkan untuk segera merancang program kerja, untuk dapat segera dirasakan keberadaannya untuk para industri maupun pencari kerja dalam BLK itu sendiri.

Selain itu juga, para anggota FKLPI diminta segera memperkenalkan keberadaan FKLPI ke seluruh indusri di Kota Tangerang.

"Jalin kerjasama dan kembangkan pelatihan, pastinya hadirkan program-program yang mudah diimplementasikan lebih dulu, untuk keberadaan dan manfaat yang cepat dirasakan untuk mereka pencari kerja," kata dia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: