Tilang Elektronik dan Manual Berlaku Pada Operasi Zebra Maung 2023 di Banten

Tilang Elektronik dan Manual Berlaku Pada Operasi Zebra Maung 2023 di Banten

Anggota Ditlantas Polda Banten Saat Memberikan Teguran Tertulis Kepada Pengendara Yang Parkir Sembarangan.--Rikhi Ferdian Untuk FIN

 

Operasi Zebra Maung 2023 -- Polda Banten dan jajaran tengah menggelar Operasi Zebra Maung 2023 selama 14 hari terhitung sejak 11-24 September 2023 dengan tema Kamseltibcarlantas Yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024.

Kasubditkamsel AKBP Syamsul mengatakan, Operasi Zebra maung 2023 tersebut merupakan tindak lanjutan dari Operasi Patuh 2023.

Jika pada Operasi Patuh Polda Banten hanya memberikan himbauan kepada masyarakat. Pada Operasi Zebra Naung kepolisian melakukan penindakan tilang kepada pelanggar lalu lintas.

"Ada penindakan kepada masyarakat yang belum taat dalam berlalulintas seperti melawan arus, berbonceng tiga, pengendara yang di bawah umur serta pelanggaran-pelanggaran lainya yang masih banyak terjadi," terangnya, Selasa 19 September 2023.

Ia menyebut pada Operasi Zebra Maung 2023 itu Polda Banten dan jajaran melibatkan 400 personel. Kata dia, tujuan dari Operasi Zebra Maung 2023 tidak lain untuk terciptanya situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar.

"Khususnya pada lokasi rawan kecelakaan, pelanggaran dan macet, meningkatnya ketertiban dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas," ujarnya.

Syamsul juga menjelaskan penindakan dalam Operasi Zebra Maung 2023 tersebut dilakukan dengan E-tilang dan E-Tilang mobile menggunakan mobil yang terpasang kamera E-tilang.

Namun, kepolisian juga melakukan tindakan tilang manual kepada pelanggar lalu lintas.

"Dengan sasaran segala bentuk potensi gangguan (PG), ambang gangguan (AG) dan gangguan nyata (GN) yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas," tandasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: