Tanggal 28 September Pulau Rempang Harus Kosong, Menteri Bahlil: Memangnya Investor Mau Tunggu Kita?

Tanggal 28 September Pulau Rempang Harus Kosong, Menteri Bahlil: Memangnya Investor Mau Tunggu Kita?

Presiden Jokowi dan Bahlil --

Menteri Investasi Bahlil Lahadali angkat bicara soal Pulau Rempang harus dikosongkan sebelum tanggal 28 September 2023.

Menurut dia, batas waktu pengosongan Pulau Rempang itu memang sudah diputuskan sejak awal.

"Insya Allah (pengosongan tanggal 28 September) kita melihat perkembangan, dan kita sedang berbicara, bukan persoalan tanggal bagi saya, itu memang sudah diputuskan di awal tapi yang terpenting ialah cara-cara komunikasi yang baik," katanya di Batam, Minggu 17 September 2023.

Menurut Bahlil, merebut investor itu seperti sebuah kompetisi. Saat ini negara tujuan foreign direct investment (FDI) terbesar di ASEAN adalah Singapura. Sementara Indonesia ada pada urutan kedua. 

"Ini kami mau merebut investasi untuk menciptakan lapangan pekerjaan," kata Bahlil seperti dilansir Antara. 

Bahlil menegaskan, perebutan proyek investasi asing ini butuh kecepatan dan ketepatan yang tidak menimbulkan kerugian di satu pihak.

"Kalau kita terlalu lama, memangnya mereka (investor) mau menunggu kita? Kita butuh mereka, tapi di sisi lain, juga harus menghargai yang di dalam," ujarnya.

Ia mengungkapkan total nilai investasi yang akan diserap dari proyek strategis nasional (PSN) Rempang Eco-City ini mencapai lebih dari Rp300 triliun. 

Di pengembangan tahap awal, investor akan menggelontorkan kurang lebih Rp175 triliun.

BACA JUGA:

Dengan itu, menurutnya, akan berdampak positif terhadap capaian pendapatan negara, serta dampaknya juga dapat dirasakan oleh masyarakat berupa lapangan pekerjaan yang melimpah.

"Kalau ini lepas, itu berarti potensi capaian PAD (pendapatan asli daerah) dan penciptaan lapangan pekerjaan untuk saudara-saudara kita di sini akan hilang," jelasnya.

Namun, kata dia, tentu pihaknya akan menggunakan cara-cara yang lebih humanis dalam menghadapi masyarakat Pulau Rempang yang terdampak relokasi akibat proyek ini.

"Kami akan mengerahkan cara-cara yang lembut," kata dia

Ganti Rugi Warga Rempang

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: