Harga Beras Sudah Mulai Turun, Mendag Zulkifli Hasan: Kita Tetap Tekan Harga

Harga Beras Sudah Mulai Turun, Mendag Zulkifli Hasan: Kita Tetap Tekan Harga

Harga Beras meroket tajam--net

Harga Beras Turun- Harga beras di sejumlah daerah sudah mulai turun mendekat harga normal. Meski demikian Pemerintah akan terus melakukan upaya penekanan harga beras.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan harga beras sudah mengalami penurunan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Diungkapkannya penurunan harga beras bervariasi di setiap wilayah, mulai turun Rp100 hingga Rp500 per kilogram.

"Sudah mulai turun di beberapa tempat, ada yang 500 rupiah turunnya, ada yang 100 rupiah, ada yang baru 200 rupiah turunnya," katanya  di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu, 17 September 2023.

Meski demikian, menurut Mendag, berbagai upaya untuk menekan harga beras di pasaran masih terus dilakukan pemerintah.

Salah satu yang masih digencarkan yakni penyaluran program bantuan beras kepada masyarakat sebanyak 10 kilogram (kg) beras per kepala keluarga (KK).

BACA JUGA:

Sesuai perintah Presiden RI Joko Widodo, bantuan 10 kilogram beras kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) akan terus dilakukan dengan alokasi mencapai 210 ribu ton beras per bulan.

"Pemerintah menggelontorkan 10 kilo per KK sebanyak 21 juta (KK) lebih dibagi mulai September, Oktober, November," ujar Zulkifli.

Terkait ketersediaan beras, Mendag memastikan stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) mencapai 1,6 juta ton sehingga diyakini masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan nasional.

"Lagi perjalanan 400 ton jadi cukup, lebih dari cukup," ujar dia.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: