News

Belum Punya Koalisi, Sudirman Said Rayu Partai Demokrat Dukung Cak Imin Anies Baswedan di Pilpres 2024

fin.co.id - 16/09/2023, 16:07 WIB

Sudirman Said, Juru Bicara Anies Baswedan

Cak Imin Anies Baswedan -  Koalisi Perubahan kembali merayu Partai Demokrat untuk kembali masuk dan mengusung Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Pilpres 2024.

Diketahui, hingga saat ini Partai Demokrat setelah kelaur dari Koalisi Perubahan belum menentukan sikap terkait dukungannya kepada calon presiden (capres).  

Sudirman Said selaku Juru Bicara Anies Baswedan mengatakan, Koalisi Perubahan akan selalu terbuka untuk menerima kembali bekerja sama dengan Partai Demokrat.

Sudirman Said menjelaskan, Anies Baswedan dan Cak Imin sangat mengharapkan Partai Demokrat untuk kembali bergabung. 

Sudirman Said melanjutkan, dalam berbagai kesempatan, Anies dan Cak Imin sempat mengatakan memiliki harapan besar kepada Partai Demokrat.

"Kalau pun tidak bersama-sama dengan koalisi, kita bekerja sama dalam agenda-agenda besar yang pasti kita memerlukan banyak tenaga," kata Sudirman Said di Sekretariat Koalisi Perubahan, Jakarta Selatan, Sabtu 16 September 2023.

BACA JUGA:

Sudirman Said mengatakan, dalam membangun Indonesia tidak mungkin bisa dilakukan hanya oleh presiden dan wakil presiden.

Karena itu Koalisi Perubahan membuka pintu bagi semua pihak untuk membangun bangsa di bawah kepemimpinan Anies Cak Imin.

"Membangun bangsa ini, menata bangsa ini, pekerjaan yang sangat besar sekali, tidak mungkin cukup diselesaikan oleh dua individu, namanya Capres-Cawapres begitu pun tiga partai," ujarnya.

Dalam Pileg 2019, Partai NasDem mendapatkan 12,66 juta suara (9,05 persen) dan 59 kursi di DPR, PKB mendapatkan 13,57 juta suara (9,69 persen) dan 58 kursi dan PKS meraih 11,49 juta suara (8,21 persen) dan 50 kursi di DPR.

Total perolehan suara ketiga parpol Koalisi Perubahan pada Pileg 2019 sebanyak 37,72 juta suara. S

Sementara itu, koalisi tiga parpol ini total memiliki 167 kursi atau jauh di atas ketentuan batas minimal 115 kursi di DPR sebagai syarat presidential threshold.

Sebelumnya, Partai Demokrat menolak permintaan Ketua Umum PKB Muhaimain Iskandar atau Cak Imin untuk kembali bergabung ke Koalisi Perubahan.  

Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra secara tegas menolak harapan cawapres Muhaimin Iskandar yang mengajak Partai Demokrat untuk mendukung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di Pilpres 2024. 

Admin
Penulis
-->