Akun Instagram AJI Indonesia Diretas, Palaku Jual Ponsel hingga Wartawan Jadi Korban Penipuan

Akun Instagram AJI Indonesia Diretas, Palaku Jual Ponsel hingga Wartawan Jadi Korban Penipuan

ilustrasi hacker--pixabay

Instagram AJI Diretas- Akun Instagram milik Aliansi Jurnalis Independen atau AJI dengan nama @aji.indonesia diretas orang tak dikenal pada Rabu 6 September 2023.

Peretasan menyebabkan sedikitnya tiga orang jadi korban. Pasalnya, pelaku meretasnya dan menjual beberapa merk ponsel di akun @aji.indonesia tersebut. 

Menurut Ketua umum AJI, Sasmito Madrim ada jurnalis yang menjadi korban penipuan peretasan tersebut hingga mentransfer jutaan rupiah.

"Kemarin kita juga mendapat informasi ada beberapa orang yang tertipu, bahkan transfer ke nomor rekening yang ada di postingan pelaku, detailnya kita kurang paham, tapi memang ada salah satu korban yang sudah menyampaikan ke kita itu dia sudah transfer Rp7 juta, " katanya, Rabu 6 September 2023.

BACA JUGA:

AJI Lapor Polisi! 


Akun Instagram AJI--

Sasmito kini telah melaporkan kasus peretasan itu ke kepolisian. 

Laporan Sasmito teregistrasi dengan nomor STTLP/B/5291/IX/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA. 

Sasmito melaporkan kejadian tersebut dengan pasal Tindak Pidana Kejahatan Informasi Dan Transaksi Elektronik UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

"Harapannya memang yang pertama kepolisian bisa mengungkap siapa pelakunya, karena ini sudah memberikan dampak kerugian bagi AJI Indonesia," katanya.

BACA JUGA:

Sasmito juga menjelaskan pihaknya juga dirugikan karena akun ini cukup aktif digunakan kampanye oleh Aji Indonesia untuk berbagai isu.

"Baik isu kemerdekaan pers ataupun isu demokrasi yang lain. Jadi ada cukup banyak kerugian yang dialami oleh AJI Indonesia," terangnya. 

Kini akun AJI tersebut sudah kembali. Namun pihaknya tetap mendesak kepolisian menangkap pelaku peretasan tersbut. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: