SBY Sebut Ada Tawaran Koalisi Demokrat-PKS-PPP, Begini Penegasan PKS yang Bisa Bikin Wacana Itu Cuma Mimpi

SBY Sebut Ada Tawaran Koalisi Demokrat-PKS-PPP, Begini Penegasan PKS yang Bisa Bikin Wacana Itu Cuma Mimpi

PKS secara resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024.-pks.id-pks.id

Koalisi Demokrat-PKS-PPP Cuma Jadi Mimpi - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tak memberi respon langsung soal wacana koalisi Demokrat-PKS-PPP usai Anies Baswedan memutuskan duet dengan Muhaimin Iskandar sebagai calon presiden dan wakil presiden (Capres-cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Namun tampaknya wacana koalisi Demokrat-PKS-PPP hanya akan menjadi sebah mimpi saja. Sebab PKS menegaskan akan tetap mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024, meski berdampingan dengan Muhaimin Iskandar  (Cak Imin).

PKS akan mengenalkan Anies Baswedan sebagai bakal capres dalam Pilpres 2024 kepada masyarakat di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Ketua DPD PKS Surabaya Johari Mustawan mengatakan, pihaknya mengikuti arahan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS untuk tetap konsisten mendukung Anies Baswedan sebagai bakal Capres di Pilpres 2024.

"Struktur dan seluruh anggota dan simpatisan PKS Surabaya tegak lurus dengan DPP dan DPW PKS Jatim, tetap solid dan konsisten dukung Anies capres," kata Bang Jo sapaan akrab Johari Mustawan dalam keterangannya, Minggu, 3 September 2023.

Menurut dia, seluruh jajaran struktur PKS Surabaya mulai tingkat kota, kecamatan bahkan ranting, siap mengenalkan dan mensosialisasikan Anies Baswedan ke seluruh warga Surabaya.

BACA JUGA:

Hal sama juga dikatakan, Ketua Fraksi PKS DPRD Surabaya Cahyo Siswo Utomo. Ia menyampaikan, keputusan koalisi sepenuhnya ada di DPP yang diputuskan dalam musyawarah Majelis Syuro.

Dalam musyawarah Majelis Syuro ke VIII diputuskan PKS secara resmi mendukung dan mengusung Anies Rasyid Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024.

"Keputusan ini belum ada perubahan sehingga PKS Surabaya satu khittah dengan DPP, konsisten mendukung dan mengusung Anies sebagai capres di pilpres 2024," ucapnya.

Ketua DPP PKS Al Muzzammil Yusuf sebelumnya menyatakan, PKS tetap mendukung Anies Baswedan sebagai bakal capresdi Pilpres 2024, meskipun tak menghadiri deklarasi pasangan bakal Capres dan Cawapres, Anies dan Muhaminin yang digelar NasDem dan PKB di Kota Surabaya pada Sabtu (2/9/2023).

"Jadi, posisi PKS tetap lurus dengan lembaga tertinggi partai yaitu Majelis Syuro mendukung Anies Baswedan sebagai (bakal) capres, di mana Anies Baswedan diusulkan menjadi (bakal) capres. PKS full mendukung hal itu karena amanat dari lembaga tertinggi partai di PKS," katanya.

Muzzammil menegaskan bahwa PKS masih menjadi anggota Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang mengusung Anies Baswedan sebagai bakal capres.

Koalisi Baru Sudah Diketahui Pak Lurah

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku adanya tawaran membentuk koalisi baru. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: