9 Kecamatan Sulit Mendapat Air Bersih, Kabupaten Bekasi Berstatus Siaga Darurat Bencana Kekeringan

9 Kecamatan Sulit Mendapat Air Bersih, Kabupaten Bekasi Berstatus Siaga Darurat Bencana Kekeringan

Kondisi kekeringan sawah di wilayah Bekasi-Tuahta Aldo-

Kekeringan Tanah, Bekasi - Musim panas yang berkepanjangan, membuat kekeringan di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat semakin meluas. 

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Bekasi, Rabu (30/8/2023), saat ini 9 kecamatan telah dilanda kekeringan dari yang sebelumnya hanya 6 kecamatan. 

9 kecamatan yang mengalami kekeringan di Kabupaten Bekasi diantaranya Kecamatan Bojongmangu, Cibarusah, Serang Baru, Sukawangi, Babelan, Tarumajaya, Muara Gembong, Pebayuran, dan Cikarang Pusat. 

"Wilayah terdampak kekeringan terdapat sembilan kecamatan dan 23 desa," tulis keterangan resmi Pusdalops BPBD Kabupaten Bekasi saat dikutip, Jumat 1 September 2023. 

Sebanyak 19.883 warga Kabupaten Bekasi kini dilaporkan terdampak kekeringin dan sulit mendapatkan air bersih, akibat musim panas berkepanjangan. 

Untuk mengatasi kekeringan, pemerintah setempat bersama PMI Kabupaten Bekasi mendistribusikan air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan. 

BACA JUGA:

"Rician sebanyak 29 kali pendistribusian dan setiap pendistribusian air bersih jumlahnya 5.000 liter," penjelasan Ketua PMI Kabupaten Bekasi, Akhmad Kosasih dalam keterangan resmi tertulis, Rabu, 30 Agustus 2023 lalu. 

Kini total sebanyak 145 ribu liter air telah didistribusikan oleh PMI Kabupaten Bekasi ke warga yang terdampak kekeringan, menggunakan truk tangki. 

Diketahui sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi telah menetapkan status siaga darurat bencana kekeringan di wilayahnya. 

Penetapan status dari Pemkab Bekasi tersebut, tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Bekasi Nomor : HK.02.02/KEP.528-BPBD/2023. 

Keluarnya SK itu, Pemkab Bekasi melakukan koordinasi dengan untuk memetakan daerah yang mengalami kekeringan dan membutuhkan bantuan air. 

Pemetaan daerah yang mengalami kekeringan, dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: