Ganjar Pranowo Hadiri Muktamar Sufi Internasional: Rasa-rasanya Persis dengan Semangat yang Kami Bangun

Ganjar Pranowo Hadiri Muktamar Sufi Internasional: Rasa-rasanya Persis dengan Semangat yang Kami Bangun

Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke pasar tradisional Grogolan Kota Pekalongan, Selasa (29/8/2023). Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo Subianto dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.--

Muktamar Sufi Internasional - Muktamar Sufi Internasional yang dilaksanakan di Kota Pekalongan diharapkan bisa membawa keberkahan bagi masyarakat di Jawa Tengah.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menghadiri kegiatan Muktamar Sufi Internasional 2023 di Kota Pekalongan,

"Kalau membaca runutan sidang komisi yang akan dilakukan, rasa-rasanya persis dengan semangat yang kami bangun di Jawa Tengah, yakni mengoptimalkan dunia pendidikan dan perekonomian sebagai pertahanan untuk menangkal radikalisme," kata Ganjar Pranowo, Selasa 29 Agustus 2023.

Ganjar Pranowo juga menyampaikan rasa syukurnya, karena Provinsi Jawa Tengah yang dipimpinnya mendapatkan kesempatan kali kedua menjadi tuan rumah Muktamar Sufi Internasional (World Sufi Assembly).

Diketahui, penyelenggaraan pertama Muktamar Sufi Internasional juga dilakukan di Jawa Tengah pada 2019.

"Syukur alhamdulillah untuk kedua kalinya Jateng mendapat berkah sebagai tempat terlaksananya World Sufi Assembly (Muktamar Sufi Internasional). Demikian juga alhamdulillah saya ikut hadir terus-menerus ikut menyaksikan sebuah perkembangan yang sangat bagus," katanya.

Ganjar Pranowo mengatakan, undangan menghadiri Muktamar Sufi Internasional adalah sebuah kehormatan bagi dirinya.

Yakni, bisa menjadi saksi berkumpulnya ulama sufi dari seluruh dunia dan bisa mengikuti rangkaian acara yang berlangsung di Kota Pekalongan.

Ganjar yang merupakan capres dari PDIP ini pun menyinggung peran besar Maulana Habib Luthfi bin Yahya dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam penyelenggaraan Muktamar Sufi Internasional di Pekalongan.

"Kami berharap (Muktamar Sufi Internasional, red) ini bisa membawa berkah bagi masyarakat, khususnya di Jateng. Insyaallah pertemuan ini akan membawa berkah bagi rakyat Indonesia dan masyarakat dunia," tambahnya.

Di tempat sama, Ketua Panitia Muktamar Sufi Internasional Prabowo Subianto menyampaikan terima kasih kepada Jokowi dan Iriana yang berkenan hadir membuka acara Muktamar Sufi Internasional 2023.

Pada kesempatan itu, Prabowo Subianto yang juga Menteri Pertahanan menyampaikan ada dua tokoh Indonesia, yaitu Presiden Joko Widodo dan Maulana Habib Luthfi bin Yahya yang masuk daftar 500 tokoh dihormati di seluruh dunia.

"Ini bukti konkret, bukti bagaimana ulama dan umaro di Indonesia bersatu, bahu-membahu membangun negeri Indonesia," katanya.

Kegiatan Muktamar Sufi Internasional di Kota Pekalongan ini dihadiri tidak kurang 73 ulama sufi dari 38 negara.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: