SPAM Regional Mebidang Karya Brantas Abipraya Diresmikan, Siap Penuhi Air Minum 440.000 Jiwa di Sumut

SPAM Regional Mebidang Karya Brantas Abipraya Diresmikan, Siap Penuhi Air Minum 440.000 Jiwa di Sumut

PT Brantas Abipraya (Persero) telah merampungkan pembangunan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Regional Mebidang--

JAKARTA, FIN.CO.ID - PT Brantas Abipraya (Persero) telah merampungkan pembangunan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Regional Mebidang. Dapat memenuhi kebutuhan air minum di Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang untuk 440.000 jiwa, SPAM inipun telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dengan ditandai pemutaran tuas katup air dan penandatanganan prasasti(25/8).

“Pembangunan SPAM ini sebagai salah satu upaya Brantas Abipraya dalam menyokong suplai kebutuhan air bersih di Sumatera Utara, khususnya Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang,” tutur Sugeng Rochadi, Direktur Utama Brantas Abipraya.

Ditambahkan Sugeng, SPAM ini memiliki area pelayanan yang meliputi 10 kecamatan di Kota Medan, 2 kecamatan di Kota Binjai, dan 1 kecamatan di Kabupaten Deli Serdang. Selain dapat melayani kebutuhan air minum bagi masyarakat, layanan air minum perpipaan ini juga diproyeksikan untuk mendukung kebutuhan air venue Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Sumatera Utara (Sumut).

Dalam pembangunan SPAM ini Brantas Abipraya mengerjakan dua paket pembangunan, yaitu Jaringan Distribusi Utama (JDU) dengan panjang pipa 18,7 kilometer dengan kapasitas tangki 2.500 meter kubik di Kota Binjai dan 3.000 meter kubik di Kabupaten Deli Serdang. Sedangkan untuk paket Jaringan Pipa Distribusi Utama (JPDU), dengan pipa sepanjang 5 kilometer ini memiliki kapasitas tampung sebesar 12.000 meter kubik di Kota Medan.

Untuk area pelayanan SPAM ini secara detail 10 kecamatan di Kota Medan yakni Medan Labuan, Medan Marelan, Medan Helvetia, Medan Deli, Medan Timur, Medan Sunggal, Medan Barat, Medan Petisah, Medan Selayang dan Medan Tuntungan. Sedangkan untuk 2 kecamatan di Kota Binjai meliputi Binjai Utara dan Binjai Timur, serta Kecamatan Sunggal di Kabupaten Deli Serdang.

Sebagai tambahan informasi, sumber air baku SPAM Regional Mebidang berasal dari Sungai Bingei yang melintasi wilayah Kabupaten Langkat dan Kota Binjai dengan kapasitas total sebesar 2.200 liter per detik.

Turut hadir mendampingi Presiden Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Instalasi Pengolahan Air (IPA) Minum beserta JDU ini dilaksanakan secara bertahap oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara mulai 2018 hingga 2023.

“Layanan SPAM diutamakan untuk pemenuhan kebutuhan domestik agar masyarakat menikmati air minum berkualitas dengan harga terjangkau, berkesinambungan selama 24 jam, serta meningkatkan perbaikan kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan air bersih,” ujar Basuki.

Diperkuat Sugeng, untuk pembangunan SPAM Regional Mebidang sendiri terbagi dalam dua tahap, dengan masing-masing tahap memiliki kapasitas sebesar 1.100 liter per detik. Adapun 88.000 Sambungan Rumah (SR) terbagi ke Kota Medan sebanyak 60.000 SR, Kota Binjai sebanyak 12.000 SR dan Kab. Deli Serdang sebanyak 16.000 SR.

“Diharapkan nantinya dengan adanya SPAM Regional Mebidang ini akan dapat membantu memenuhi dan melayani kebutuhan air minum di wilayah Medan, Binjai dan Deli Serdang, serta tentunya dapat meningkatkan perbaikan kesehatan masyarakat di sekitar,” tutup Sugeng.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: