Data DCS Caleg DPR RI Tidak Sinkron, Formappi Pertanyakan Kinerja KPU RI

Data DCS Caleg DPR RI Tidak Sinkron, Formappi Pertanyakan Kinerja KPU RI

Ilustrasi Caleg -Istimewa-

DCS Caleg DPR RI - KPU RI telah mengumumkan dan menetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) calon legislatif (caleg) DPR RI dan DPD RI untuk Pemilu 2024. 

Dari total 10.323 bakal caleg DPR RI yang didaftarkan oleh 18 parpol peserta pemilu 2024, hanya 9.925 caleg DPR RI yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) dan ditetapkan sebagai calon sementara oleh KPU.

Dari daftar hasil pencermatan yang ditetapkan KPU sebagai DCS, Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) menemukan adanya ketidaksinkronan total jumlah caleg yang memenuhi syarat dan total jumlah caleg hasil penjumlahan caleg laki-laki dan perempuan. 


Tidak sinkron jumlag caleg yang MEMENUHI SYARAT dengan PENGGABUNGAN JUMLAH CALEG LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN--

Data KPU mencatat jumlah DCS caleg DPR RI yang memenuhi syarat sebanyak 9.925 caleg. 

Angka 9.925 DCS caleg DPR RI ini tidak sama dengan total jumlah caleg berdasarkan jenis kelamin yang terdiri dari 6.245 caleg laki-laki dan 3.674 caleg perempuan, yang kalau ditotalkan menjadi 9.919. 

BACA JUGA:

Peneliti Formappi Lucius Karus lewat keterangan resminya mengatakan, ketidaksinkronan jumlah keseluruhan caleg yang ditetapkan dalam DCS caleg DPR RI ini bersumber dari ketidakcermatan KPU menginput dan menjumlahkan caleg yang Menenuhi Syarat pada 3 parpol yakni Partai Gelombang Rakyat Indonesia, Partai Garda Republik Indonesia, dan Partai Bulan Bintang. 

Pada Partai Gelombang Rakyat Indonesia tertulis jumlah caleg MS 396 dengan rincian caleg laki-laki 252 dan Perempuan 145. 

Jumlah caleg Laki-laki dan Perempuan adalah 397. Penghitungan yang tepat mestinya menghasilkan angka yang sama antara jumlah caleg yang Memenuhi Syarat dan Total caleg Laki-Laki dan Perempuan.

Hal serupa terjadi pada Partai Garda RI dimana tercatat jumlah caleg DPR RI yang MS 573. 

Sementara gabungan caleg laki-laki dan perempuannya menghasilkan angka 570 yang terdiri dari 336 laki-laki dan 234 perempuan. 


Tidak sinkron jumlag caleg yang MEMENUHI SYARAT dengan PENGGABUNGAN JUMLAH CALEG LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN--

Partai Bulan Bintang juga mengalami hal serupa. Jumlah Caleh yang MS 474, sedangkan penggabungan jumlah caleg laki-laki dan perempuannya 470.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: