Atasi Polusi Udara, Tiap Jumat Pegawai Pemkot Tangerang Diimbau Tak Bawa Kendaraan Pribadi

Atasi Polusi Udara, Tiap Jumat Pegawai Pemkot Tangerang Diimbau Tak Bawa Kendaraan Pribadi

ASN Pemkot Tangerang Saat Mengikuti Kegiatan Apel--Istimewa

Polusi Udara di Tangerang -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang belum mempertimbangkan kebijakan Work From Home (WFH) sebagai solusi untuk mengatasi polusi udara yang belakangan tengah jadi sorotan.

Kendati begitu, ada imbauan bagi seluruh pegawai Pemkot Tangerang untuk menggunakan sepeda atau transportasi umum ke kantor.

Seperti yang diketahui, penggunaan transportasi pribadi disebut menjadi salah satu penyebab buruknya kualitas udara di Jabodetabek.

"Setiap hari Jumat seluruh pegawai Pemkot Tangerang diimbau untuk tidak membawa kendaraan bermotor pribadi sebagai upaya pengurangan polusi udara," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Tihar Sopian, Kamis 17 Juli 2023.

Lanjut Tihar, sesuai arahan wali kota sekali dalam sepekan para pegawai diimbau untuk menggunakan transportasi umum, sepeda, atau kendaraan lainnya yang ramah lingkungan.

Menurutnya, dengan tidak menggunakan kendaraan bermotor pribadi saat berangkat kerja dapat menjadi contoh bagi masyarakat Kota Tangerang untuk melakukan hal yang sama.

"Selain itu, seluruh transportasi umum milik Pemkot Tangerang baik Si Benteng dan BRT Tayo sudah memberikan kenyamanan bagi para penumpang," ujarnya.

Masih menurut Tihar, angkot Si Benteng dan BRT Tayo sangat murah, aman, dan nyaman. Moda transportasi umum ini dapat menjadi pilihan untuk berangkat ke kantor.

BACA JUGA: Kurangi Polusi Udara Jakarta, Erick Thohir Kaji Penerapan WFH Karyawan BUMN

Pemkot Tangerang juga melakukan berbagai upaya untuk mengatasi polusi udara seperti penghijauan, inspeksi industri, dan lainnya.

"Untuk mengurangi tingkat polusi udara ini juga butuh kerjasama seluruh pihak termasuk masyarakat," tuturnya. 

Dia menambahkan, dengan adanya program ini, diharapkan dapat menjadi budaya dan kebiasaan untuk tidak terus menerus menggunakan kendaraan bermotor pribadi.

Sehingga, kualitas udara Kota Tangerang dapat kembali membaik dan dapat terus terjaga. 

"Terlebih, apabila menggunakan sepeda dapat menyehatkan tubuh karena sekaligus berolahraga. Mudah-mudahan dengan upaya ini, kualitas udara di Kota Tangerang kembali membaik," tutupnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: