Menyatu Bersama Warga, Puluhan Pasien ODGJ di Bekasi Ikuti Upacara HUT ke-78 Republik Indonesia

Menyatu Bersama Warga, Puluhan Pasien ODGJ di Bekasi Ikuti Upacara HUT ke-78 Republik Indonesia

Pasien ODGJ Yayasan Jamrud Biru Bekasi mengikuti upacara-Tuahta Aldo-

Upacara Kemerdekaan, Bekasi - Puluhan pasien Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) Yayasan Jamrud Biru, mengikuti upacara HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Berdasarkan pantauan langsung fin.co.id pagi ini, pasien ODGJ mengikuti upacara menyatu dengan warga RT 04 / RW 04, Mustikasari, Mustika Jaya, Kota Bekasi. 

Nampak seluruh pasien ODGJ mengikuti upacara dengan menggunakan kaos berwarna kuning, serta celana panjang untuk berolahraga. 

Dengan menggunakan kaos berwarna kuning, puluhan pasien ODGJ menjalani Upacara HUT Kemerdekaan dengan hikmat dan semangat. 

Terlihat saat bendera merah putih dinaikkan, puluhan pasien ODGJ Yayasan Jamrud Biru turut memberi hormat sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya. 

"Kita memberikan peluang kepada pasien, bahwasanya kemerdekaan itu hak milik segala bangsa, hak rakyat Indonesia. Jamrud Biru juga memilki kemerdekaan, dengan tidak adanya stigma diskriminasi kepda orang ODGJ," ungkap Pendiri Yayasan Jamrud Biru, Suhartono saat ditemui, Kamis 17 Agustus 2023. 

BACA JUGA :

Menurutnya, pasien ODGJ yang mengikuti upacara HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia mempunyai kriteria kesemhuhan khusus 

"Ada kriteria khusus, dimana memang pasien itu tingkat kesembuhannya sudah lebih dari 50 persen, jadi mereka sudah bisa khidmat, mengerti, dan mengetahui apa kegiatan-kegiatan yang di laksanakan," jelasnya. 

Suhartono menjelaskan, para pasien ODGJ telah mendapat pelatihan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum upacara Kemerdekaan. 

"Menyanyikan lagu lagu nasional itu, kita lakukan seminggu dua kali, jadi mereka sudah hafal, memang pembinaan ini sangat penting untuk meningkatkan nasionalisme mereka kepada negara kita," ucapnya. 

Usai upacara HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia bersama warga setempat, seluruh pasien ODGJ akan mengikuti lomba bersama. 

Selain itu seluruh pasien ODGJ nantinya akan melakukan makan bersama, guna meningkatkan kebersamaan dan kekeluargaan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: