Penjelasan Perumda Pasar NKR Kabupaten Tangerang Soal Revitalisasi Pasar Kota Bumi

Penjelasan Perumda Pasar NKR Kabupaten Tangerang Soal Revitalisasi Pasar Kota Bumi

Direktur Utama Perumda Pasar NKR Finny Widiyanti (kiri) dan Direktur Oprasional Ashari Asmat (kanan). --Rikhi Ferdian Untuk FIN

Revitalisasi Pasar Kota Bumi -- Proses revitalisasi Pasar Kota Bumi yang berlokasi di Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, mutlak dilaksanakan bukan hanya sebagai target kerja Perumda Pasar Niaga Kerta Raharja (NKR). 

Lebih dari itu, revitalisasi dilakukan untuk meningkatkan fungsi pasar tradisional sebagai sarana perdagangan supaya tertata dengan baik.

Selain itu, revitalisasi Pasar Kota Bumi dilakukan karena ada masukan dari pemerintah daerah untuk menanggulangi masalah banjir hingga kemacetan arus lalu lintas di wilayah itu.

"Revitalisasi pasar juga akan meningkatkan daya jual beli untuk peningkatan omzet pasar. Utamanya faktor ekonomi di pasar kita itu harus jalan," Kata Direktur Utama Perumda Pasar Niaga Kerta Raharja, Finny Widiyanti, Jumat 28 Juli 2023.

Lanjut Finny, Perumda Pasar sebagai badan usaha milik daerah (BUMD) diamanatkan untuk membuat satu sistem tata kelola dengan ditunjang oleh masyarakat, pedagang, pemerintah daerah, hingga Muspika setempat.

Terkait pro kontra soal revitalisasi pasar ini, Finny menegaskan, semua proses sudah sesuai prosedur yang diamanatkan oleh pemerintah.

"Yang pertama kita ada Feasibility Study (FS). Kemudian hasil dari FS kita expose dengan mengundang berbagai pihak yang mendukung revitalisasi, termasuk Muspika juga kita undang," tuturnya.

"Hasil FS ini juga diekspose ke seluruh OPD yang erat dengan pembangunan (pasar) juga dengan mitra, dan semuanya terkoreksi," sambungnya.

Soal pro kontra, kata Finny, akan selalu ada dan merupakan hal yang wajar.

Pihak-pihak yang menolak juga sudah difasilitasi untuk bertemu Bupati Tangerang, hingga menggelar hearing atau rapat dengar pendapat (RDP) dengan DPRD Kabupaten Tangerang. 

"Kita pastikan rencana revitalisasi Pasar Kota Bumi sudah dilakukan sesuai aturan," ujarnya.

Finny menegaskan, Perumda Pasar tetap tegak lurus terhadap rencana revitalisasi Pasar Kota Bumi yang juga menjadi target pemerintah pusat untuk menata pasar-pasar tradisional.

"Karena kalau dilihat saat pandemi yang terus bergerak adalah pasar tradisional," imbuhnya.

Dia pun berharap setelah proses revitalisasi dilakukan dapat mendongkrak perekonomian khususnya di wilayah Kota Bumi dan umumnya di Kabupaten Tangerang.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: