Jangan Salah, Pesawat Tempur Rafale Indonesia Secanggih Milik Prancis

Jangan Salah, Pesawat Tempur Rafale Indonesia Secanggih Milik Prancis

Jet Tempur Rafale--

Pesawat Tempur Rafale - Pesawat tempur Rafale buatan Dassault Aviation yang dibeli Indonesia secanggih pesawat yang dimiliki angkatan udara Prancis.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma R Agung Sasongkojati.

Dijelaskannya pesawat tempur generasi 4,5 Rafale buatan Dassault Aviation yang dibeli Indonesia, spesifikasinya sama seperti milik France Air and Space Force (FASF).

“Ini pesawat yang kita beli. Spesifikasi sama persis, tapi kita dapat yang baru. Kalau ini kan pesawat yang sudah dipakai oleh mereka,” katanya di Bandara Halim Perdana Kusuma, dikutip Jumat, 28 Juli 2023.

Sementara itu, Kepala Detasemen Pegase 23 Letnan Kolonel Henri mengungkapkan Rafale telah digunakan Angkatan Udara Prancis sejak 2006. 

Dijelaskan dalam memperkuat pertahanan Prancis, pihaknya sering melakukan operasi dan pengerahan pasukan serta proyeksi kekuatan militer.

BACA JUGA:

"Wilayah Indonesia masuk dalam tujuan strategis utama," tambah dia.

Kementerian Pertahanan sebelumnya telah menandatangani kontrak kerja sama pembelian enam pesawat tempur generasi 4,5 Rafale buatan Prancis.

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, mengatakan hal itu usai menerima kunjungan kehormatan Menteri Angkatan Bersenjata Prancis, Florence Parly, di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (10/2).

Menurut Prabowo, Indonesia akan membeli alat utama sistem pertahanan (alutsista) cukup signifikan untuk multirole combat aircraft dengan mengakuisisi 42 unit Rafale.

"Kita mulai hari ini dengan tanda tangan kontrak pertama untuk enam pesawat," kata Prabowo.

Selanjutnya akan disusul dengan kontrak 36 pesawat lagi, dengan dukungan latihan persenjataan dan simulator yang dibutuhkan, tambahnya. Selain pembelian pesawat, terdapat juga penandatanganan nota kesepahaman antara Dassault Aviation dengan PT Dirgantara Indonesia, yang menyepakati pemeliharaan dan perbaikan pesawat tempur Prancis di Indonesia.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: