Penyebab Keracunan Ratusan Orang saat Reses DPRD Kota Cimahi Didalami Kepolisian

Penyebab Keracunan Ratusan Orang saat Reses DPRD Kota Cimahi Didalami Kepolisian

Salah satu ambulans tengah melakukan kegiatan evakuasi korban keracunan makanan di Kota Cimahi, Jawa Barat, Senin (24/7/2023). --

Keracunan Reses DPRD Kota Cimahi - Polres Cimahi masih mendalami kejadian yang menyebabkan ratusan orang keracunan akibat mengonsumsi makanan yang dibagikan dalam acara reses salah satu anggota DPRD Kota Cimahi.

Kasatreskrim Polres Cimahi AKP Luthfi Olot Gigantara mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengumpulkan barang bukti dan keterangan terkait peristiwa keracunan massal yang terjadi di wilayah Kelurahan Padasuka, Kota Cimahi tersebut.

"Sesuai arahan Kapolres Cimahi, kami membentuk tim gabungan penanganan keracunan massal di Padasuka. Kami sedang menginvestigasi, kami mengumpulkan barang bukti dan keterangan atas kasus tersebut," ujar Luthfi.

Luthfi mengatakan sejauh ini, pihak kepolisian telah memeriksa beberapa saksi terkait kasus keracunan massal tersebut dan klarifikasi pada pihak terkait termasuk Lurah Padasuka dan Sekretariat DPRD Kota Cimahi.

"Sejauh ini yang sudah diperiksa sebanyak lima orang, diantaranya pihak Setwan dan Lurah Padasuka. Nanti, hasilnya akan kami informasikan lagi karena sampai sekarang kami masih melakukan proses pengumpulan data dan dokumen," kata Luthfi.

Ke depan, lanjut Luthfi, kepolisian juga akan memeriksa penyedia jasa makanan (katering) yang digunakan oleh panitia dalam acara reses anggota DPRD Kota Cimahi Eddy Sofyan tersebut.

BACA JUGA:

"Ke depan, untuk pihak katering yang menyediakan makanannya, kami masih mengumpulkan keterangan dari Setwan dan lurah, ke depan tentu akan berkembang lagi, termasuk yang melaksanakan kegiatannya," kata Luthfi.

Adapun penyebab keracunan, Luthfi mengatakan pihak kepolisian juga masih menunggu hasil uji sampel makanan yang saat ini dilakukan oleh Lab Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Jawa Barat.

"Pengambilan sampel makanan dari acara itu sendiri sudah dilakukan oleh Dinkes Kota Cimahi, sampel juga sudah diserahkan ke Labkesda untuk diuji lab, kita juga sama-sama menunggu," ujar Luthfi.

Diketahui, ratusan orang mengalami gejala serupa keracunan dengan dugaan akibat mengonsumsi makanan dari acara reses anggota DPRD di Kelurahan Padasuka. 

Para korban berasal dari Kelurahan Setiamanah, Kelurahan Cimahi, dan Kelurahan Padasuka.

Sebagian warga yang mengalami gejala keracunan setelah diobservasi di Puskemas Padasuka yang merupakan posko kesehatan keracunan makanan, hanya membutuhkan rawat jalan.

Namun, ada pula pasien yang membutuhkan perawatan lanjutan sehingga diantar ke rumah sakit dengan menggunakan ambulans.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: