Asyik! Google Umumkan Bard AI Bisa Bahasa Indonesia dan 40 Bahasa Lainnya

Asyik! Google Umumkan Bard AI Bisa Bahasa Indonesia dan 40 Bahasa Lainnya

Google Bard-Google-

Bard AI Bahasa Indonesia - Google secara resmi mengumumkan ekspansi kehadiran teknologi Artificial Intelligence (AI) generatif-nya ,Bard, di 59 negara dan teritori baru.

Bard AI Google ini juga dilakukan penambahan hingga 40 bahasa baru agar kecerdasan buatan tersebut bisa digunakan oleh lebih banyak pengguna dari berbagai penjuru dunia.

Salah satu bahasa yang ditambahkan Google dalam Bard AI adalah Bahasa Indonesia.

Dengan demikian kini pengguna di Indonesia tidak hanya bisa berinteraksi dengan Bard AI menggunakan Bahasa Inggris tapi juga bisa memintanya berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia.

"Kami melihat ini (penambahan bahasa dan ekspansi layanan) sebagai langkah mendemokratisasi pengetahuan dan mendukung imajinasi pengguna dengan lebih baik. Ini adalah hal yang luar biasa," kata VP of Engineering Google Amarnag Subramanya, Kamis 13 Juli 2023.

Saat diuji coba, Bard Google cukup baik berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia. 

BACA JUGA:

Beberapa permintaan seperti membuat naskah ucapan ulang tahun pun bisa dibuat Bard Google dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Tentunya ini semakin mempermudah pengguna Google di Indonesia untuk mendapatkan pengalaman mendalam dengan kecerdasan buatan.

Beberapa bahasa baru lainnya yang ditambahkan Google untuk layanan Bard termasuk Bahasa Mandarin, Spanyol, Jerman, Bahasa Gujarati, Bahasa Hindi, Bahasa Inggris Kanada, dan juga Bahasa Tamil.

Untuk ekspansi perluasan layanan, kini Google Bard tersedia di 59 negara dan teritori baru termasuk beberapa wilayah di Uni Eropa hingga Brazil.

Sebelumnya pada Google I/O di Mei 2023 layanan Bard masih terbatas pada tiga Bahasa saja yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, dan Bahasa Korea.

Namun setelah pengembangan materi serta pembelajaran berbagai bahasa lain dilakukan, kini Bard sebagai kecerdasan buatan (AI) generatif telah menguasai 40 Bahasa.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Amar itu menambahkan perluasan wilayah layanan serta Bahasa dari Bard itu juga tidak terlepas dari pengembangan kecerdasan buatan yang mengikuti kebijakan Google.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: