Butuh Asisten untuk Skripsi? Cek Rekomendasi Aplikasi AI untuk Garap Skripsimu

Butuh Asisten untuk Skripsi? Cek Rekomendasi Aplikasi AI untuk Garap Skripsimu

ChatGPT--

Aplikasi AI - Saat mendengar kata Artificial Intelligence, yang ada di benak muncul pertama kali adalah teknologi robot. Faktanya, teknologi AI tidak melulu berupa robot yang menyerupai manusia.

AI memiliki 2 kategori yaitu lemah dan kuat. AI lemah (weak AI) yang juga dikenal sebagai AI sempit adalah sistem AI yang dirancang dan dilatih untuk tugas tertentu. Sebagai contoh asisten pribadi virtual, Apple Siri, adalah bentuk AI yang lemah.

Sedangkan AI kuat (strong AI), juga dikenal sebagai kecerdasan buatan umum merupakan sistem AI dengan kemampuan kognitif manusia secara umum. Ketika diberi perintah khusus, sistem AI kuat dapat menemukan solusi tanpa campur tangan manusia.

Merujuk Techtarget dan Britanica, AI atau kecerdasan buatan adalah sebuah simulasi proses kecerdasan manusia yang diterapkan pada mesin, terutama sistem komputer. Aplikasi spesifik AI meliputi sistem pakar, pemrosesan bahasa alami, pengenalan suara, dan visi mesin.

Teknologi Artificial Intelligence (AI) punya beragam format dan bisa dimanfaatkan untuk membantu bermacam aktivitas pengguna, salah satunya menyusun skripsi atau karya ilmiah akhir pada pendidikan sarjana.

Dalam mengerjakan skripsi, terdapat beberapa proses dan bagian yang perlu dilakukan pengguna, seperti mencari ide judul, mencari referensi, membuat kerangka (outline), memahami referensi yang dipakai, dan masih banyak lagi.

AI punya fungsi sebagai alat bantu dengan pengendalinya tetap terletak pada kemampuan pengguna sendiri. Lewat AI, pengguna dapat memperoleh bantuan untuk mengerjakan proses dan bagian skripsi tersebut.

Saat ini, terdapat beberapa aplikasi AI yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mengerjakan skripsi. Lantas, apa saja aplikasi AI untuk skripsi? Bila tertarik mencobanya, berikut adalah daftar aplikasi AI untuk skripsi yang dapat dipakai.

Daftar aplikasi AI untuk skripsi:

1. Chat GPT


ChatGPT--

Aplikasi AI untuk skripsi yang pertama dan sudah cukup populer dipakai banyak pengguna adalah Chat GPT. Program AI buatan OpenAI ini dibekali kemampuan untuk menjawab aneka pertanyaan dan perintah pengguna.

Lewat kemampuan itu, pengguna bisa meminta Chat GPT untuk melakukan tugas yang dapat membantu menyelesaikan skripsi, seperti mencari ide judul, menyarankan referensi buku, dan lainnya. Chat GPT bisa diakses di https://chat.openai.com/.

2.  Consensus


Consensus AI--

Dalam mengerjakan skripsi, pengguna umumnya diminta buat menyertakan teori atau konsep dari tokoh untuk menjelaskan masalah yang diangkat. Pengguna dapat memanfaatkan aplikasi AI Consensus buat membantu melakukan hal itu.

Di Consensus, pengguna dapat mengajukan pertanyaan tentang masalah penelitian. Selanjutnya, Consensus bakal memberikan jawaban yang disertai referensi dari buku atau jurnal. Consensus bisa diakses di https://consensus.app.

3.  Elicit

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Bianca C.

Tentang Penulis

Sumber: