Panglima TNI Siap Penuhi Permintaan KKB Papua Minta Tebusan Rp5 Miliar untuk Pilot Susi Air

Panglima TNI Siap Penuhi Permintaan KKB Papua Minta Tebusan Rp5 Miliar untuk Pilot Susi Air

Pilot Susi Air Philip Mark diancam ditembak KKB pimpinan Egianus Kogoya. --

Panglima TNI Siap Penuhi Permintaan KKB Papua - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melaporkan situasi keamanan Papua hingga upaya pembebasan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Istana Wapres, Jakarta, Selasa 4 Juli 2023.

“Secara umum situasi Papua semua kondusif tapi yang selalu saya sampaikan ada beberapa wilayah yang kerawanan masih ada, khususnya Kabupaten Nduga,” kata Yudo Margono usai bertemu dengan Ma'ruf Amin.

Pada kesempatan tersebut Wapres memanggil Panglima TNI beserta Menko Polhukam Mahfud MD.
Panglima TNI Yudo menjelaskan tentang Papua, sementara Menko Polhukam menjelaskan perkembangan mengenai polemik Pondok Pesantren Al Zaytun.

Panglima TNI melanjutkan bahwa terkait upaya pembebasan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang disandera Kelompok Egianus Kogoya saat ini upaya negosiasi dipercayakan kepada Penjabat (Pj) Bupati Nduga Edison Gwijangge.

BACA JUGA:Pangdam Cenderawasih: Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Ditahan KKB dalam Kondisi Sehat

Namun, menurut Panglima TNI, untuk negosiasi ada kendala menyangkut pesawat untuk mengantar ke titik tempat negosiasi akan dilaksanakan.

“Karena memang kesulitan, pesawat takut untuk menuju daerah yang ditentukan atau disepakati. Belum percaya untuk mengangkut atau untuk (mengantar ke titik) negosiasi tadi, jadi kita masih tunggu,” jelas Yudo Margono.

Panglima mengatakan saat ini proses negosiasi damai dipercayakan kepada Pj Bupati Nduga untuk mengutamakan keselamatan Pilot Philip maupun masyarakat di sekitar agar tidak menjadi korban.

Sedangkan terkait adanya permintaan uang tebusan senilai Rp5 miliar dari Egianus Kogoya, Panglima TNI mengaku tidak tahu hal tersebut. 

BACA JUGA:Kapolda Papua Mathius Fakhiri Berharap KKB Egianus Kogiya Punya Itikad Baik Bebaskan Pilot Susi Air

Namun jika benar itu merupakan permintaan Kogoya, maka, menurutnya, hal itu akan dipenuhi untuk keselamatan sandera.

“Kalau permintaannya itu kita penuhi demi keselamatan. Ya itu tadi kita lebih utamakan kemanusiaan. Kalau (menyangkut) kemanusiaan nggak ada harganya. Tidak bisa dihargai berapa pun, apabila ini menyangkut keselamatan nyawa manusia, baik keselamatan pilot maupun masyarakat yang berada di sekitar,” terangnya.

Adapun Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin secara terpisah akan ke Papua dalam waktu dekat. 

Terkait hal itu, Panglima TNI menekankan sebagaimana prosedur kunjungan kepala negara atau pejabat ke daerah, maka pihaknya akan mengantisipasi keamanan dengan pasukan yang ada.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: