4 Fungsi Dashcam Pada Mobil, Salah Satunya Bisa Bantu Klaim Asuransi!

4 Fungsi Dashcam Pada Mobil, Salah Satunya Bisa Bantu Klaim Asuransi!

Ilustrasi dashcam (dashboard camera) pada mobil.-gomechanic.in-

Dashcam Mobil - Terdapat empat (4) fungsi dashcam (dashboard camera) pada mobil yang salah satunya bisa bantu klaim asuransi.

Risiko kecelakaan di jalan cukup besar, bahkan ketika kalian bersikap hati-hati saat mengemudi mobil.

Masalahnya, pihak yang salah menabrak mobil kalian malah minta ganti rugi. Bahkan modus kejahatan pura-pura tabrak lari dapat terjadi.

Agar hal ini bisa dicegah, salah satu caranya adalah dengan memasang dashcam atau kamera dasbor di mobil.

BACA JUGA:

Selain itu, penggunaan dashcam juga dapat dijadikan bukti saat kalian terlibat kecelakaan di jalan. Termasuk sebagai bukti untuk keperluan klaim ke pihak asuransi mobil.

Cara kerja dashboard camera mirip dengan kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) yang didesain untuk merekam kondisi jalan selama mengemudi.

Seperti dilansir situs Toyota Astra, biasanya proses perekaman diatur secara otomatis dan dimulai ketika mobil dinyalakan.

Sehingga perjalanan kalian menggunakan mobil terasa lebih aman karena dipantau oleh kamera kompak ini.

BACA JUGA:

Namun kemampuan dashcam tergantung pilihan kamera yang kalian beli, semakin mahal biasanya semakin lengkap fiturnya dan semakin mudah penggunaannya.

Dashcam biasanya dipasang di kaca depan atau pegangan spion tengah dan menghadap ke depan, atau diletakkan di atas dasbor.

Maka dari itu tak ada salahnya juga untuk mengetahui fungsi dascham mobil yang bisa memberikan kalian manfaat.

4 Fungsi Dashcam (Dashboard Camera) Mobil


Ilustrasi dashcam (dashboard camera) pada mobil.-Riley Eubanks/Mashable-mashable.com

  1. Rekaman dari dashcam bisa jadi bukti untuk menentukan siapa yang benar dan salah atas sebuah insiden dan digunakan sebagai alat bukti di kepolisian.
  2. Rekaman akan memudahkan pihak asuransi terkait klaim, apakah kalian berhak mendapat pertanggungan atas insiden yang terjadi.
  3. Ada pula dashcam yang memiliki 2 kamera yang salah satunya bisa dihadapkan ke dalam mobil. Kamera jenis ini sangat bermanfaat untuk mobil rental atau taksi online guna memantau situasi di dalam mobil. Termasuk untuk kalian yang memiliki anak dan baru belajar mengemudi mobil di jalan. Pun mengawasi sopir pribadi yang sedang bertugas di jalan. Jika terjadi tindak kriminal di dalam mobil, rekaman dashcam bisa dijadikan sebagai alat bukti.
  4. Dashcam juga bisa dipasang di belakang mobil. Saat mobil ditabrak dari belakang, dapat terlihat apakah penabrak sedang fokus menyetir atau terdistraksi seperti main ponsel.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tiyo Bayu Nugro

Tentang Penulis

Sumber: