Lifestyle

Simak 3 Strategi Berjualan di TikTok Shop Ini, Gampang Raup Cuan!

fin.co.id - 27/06/2023, 18:32 WIB

Ilustrasi TikTok Shop

3 Strategi Berjualan di TikTok Shop - TikTok merupakan platform aplikasi media sosial untuk berbagi video dari seluruh penjuru dunia yang sangat mudah untuk dijumpai.

Sama seperti aplikasi Media sosial lainnya, layanan dan fitur fitur TikTok sangat lah beragam dan cukup banyak. Di perkembangannya TikTok kini juga memiliki mode akun bisnis bagi para content creator maupun pelaku usaha.

Menyambut musim liburan, banyak orang kerap berbelanja untuk melengkapi kebutuhan liburan mereka. Hal inilah yang terlihat di TikTok Shop, terutama pada saat kampanye Happy Big Day 6.6 yang berlangsung tanggal 2-6 Juni 2023 lalu.

BACA JUGA: Gaharnya HP Gaming Realme Narzo 50i Prime, Lengkap dengan Baterai Jumbo

Mengutip keterangan resminya, produk-produk seperti fashion, kecantikan dan perawatan kulit, serta gadget menjadi yang paling banyak dibeli untuk persiapan liburan. Pada kampanye ini, total penjualan online di TikTok Shop pun meningkat hingga lebih dari 160%, khususnya di puncak kampanye, dan pemesanan naik dua kali lipat dibanding periode lainnya.

Menghadapi antusiasme belanja para pengguna TikTok Shop ini, para penjual pun membutuhkan strategi dan persiapan yang matang, apalagi momen tanggal kembar sudah semakin dekat.

Selain menggunakan pendekatan Shoppertainment yang menggabungkan konsep hiburan dan pengalaman belanja di berbagai konten mereka, para penjual TikTok Shop ini juga melakukan sejumlah penyesuaian agar kepuasan pelanggan tetap terjaga.

Bagaimana strategi yang dilancarkan para penjual ini? Mari kita simak 3 strategi cara berjualan di TikTok ini !

BACA JUGA: Action Figures Anime Termahal Datang dari Gundam, Harga Mencapai Rp33 Miliar

1.  Berani Ambil Risiko untuk Untung yang Lebih Besar

Menunggu mungkin hal yang paling tidak suka dialami oleh pelanggan, apalagi jika mereka harus pre-order atau pengiriman barangnya lama. Tidak jarang, pelanggan memilih untuk membeli barang yang lebih mahal demi mendapatkan pesanannya lebih cepat, terutama jika barang itu perlu dibawa berlibur.

2.  Perpanjang Waktu LIVE Shopping

Fitur livestream atau LIVE Shopping menjadi salah satu yang banyak digunakan oleh para penjual untuk berinteraksi dengan calon pelanggan. Sesi LIVE Shopping yang dikemas dengan interaktif dan seru, serta tentunya menghibur, bisa mendorong keinginan para pengguna TikTok untuk berbelanja.

Waktu untuk menonton LIVE Shopping ini pun bisa dilakukan kapan saja, termasuk di malam hari saat sedang beristirahat. Untuk menjangkau lebih banyak audiens, tidak jarang penjual menambah waktu sesi LIVE Shopping, agar selalu bisa dikunjungi oleh beragam calon pelanggan

3. Perluas Jangkauan dengan Affiliate

BACA JUGA: PPP Yakin Pasangan Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno Menang Siapa pun Lawannya

Bagi penjual yang belum memiliki banyak resources untuk berjualan ataupun melakukan LIVE Shopping, kehadiran kreator affiliate bisa sangat membantu karena bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Bagi penjual, ada banyak cara agar dapat terkoneksi dengan affiliate.

Penjual bisa memanfaatkan Creators Marketplace yang disediakan oleh TikTok, bekerja sama dengan TikTok Shop Partner, ataupun menghubungi langsung para affiliate. Bahkan, tidak jarang para affiliate yang justru mendekati para penjual untuk mendukung penjualan

Admin
Penulis
-->