Duh! Puluhan Ribu Hyundai Ioniq 5 Kena Recall di Amerika, Tiba-tiba Kehilangan Tenaga Saat Melaju

Duh! Puluhan Ribu Hyundai Ioniq 5 Kena Recall di Amerika, Tiba-tiba Kehilangan Tenaga Saat Melaju

Lebih Murah dari Hyundai Ioniq 5, Ini Spesifikasi Mobil Listrik MG4 EV yang Dibanderol Rp649,9 Juta --

Hyundai Ioniq 5 - Sebanyak 39.559 unit Hyundai Ioniq 5 di Amerika terpaksa ditarik kembali dari pasaran (Recall).

Dikutip dari Carscoops, penyebab puluhan ribu unit Hyundai Ioniq 5 itu di Recall adalah lantaran mobil listrik itu tiba-tiba mengeluarkan suara letupan, yang kemudian diiringi dengan kehilangan tenaga dari motor listrik. 

Dilansir dari laporan National Highway Transportation Safety Administration, ditemukan setidaknya ada 30 keluhan dari konsumen terkait masalah tersebut.

Para pelanggan yang mengalami hal tersebut mengatakan selain mendengar suara letupan yang keras, kejadian tersebut juga dibarengi dengan adanya pesan peringatan yang muncul di system entertainment. 

BACA JUGA:

Setelah ada notifikasi tersebut, para Hyundai Ioniq 5 kemudian melaporkan bahwa mobil tersebut langsung kehilangan jangkauan atau kehilangan daya sama sekali pada interval tertentu.

Salah seorang pengguna yang mengajukan keluhan kepada NHTSA menyatakan bahwa masalah tersebut terjadi setelah mobil listriknya digunakan selama 12 bulan atau telah berjalan 16.000 kilometer.

Seiring dengan masalah tersebut, pusat layanan Hyundai setempat mengatakan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mendiagnosis masalah. Bahkan, sampai empat minggu berlalu, masalah tersebut tidak kunjung berhasil dianalisa oleh tim layanan Hyundai.

Setelah beberapa lama, akhirnya internal Hyundai mengetahui bahwa masalah tersebut terjadi karena adanya masalah pada Integrated Control Charging Unit yang bertanggung jawab untuk menyalakan baterai tegangan tinggi dan baterai bertegangan rendah.

BACA JUGA:

Pada investigasi awal, menunjukkan bahwa kelebihan arus dapat merusak transistor, sehingga mengakibatkan ketidakmampuan untuk mengisi baterai 12 Volt. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: