Sandiaga Uno Diragukan Bisa Dongkrak PPP hingga Dipilih Megawati Dampingi Ganjar

Sandiaga Uno Diragukan Bisa Dongkrak PPP hingga Dipilih Megawati Dampingi Ganjar

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno usai Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) VI PPP VI di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (17/6/2023). (ANTARA/Narda Margaretha Sinambela)--

Sandiaga Uno Diragukan Bisa Dongkrak PPP hingga Dipilih Megawati Dampingi Ganjar

Pengamat politik Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat Aidinil Zetra meragukan kepindahan Sandiaga Salahuddin Uno dari Gerindra ke PPP akan membawa dampak signifikan terhadap partai barunya.

"Pascabergabungnya Sandiaga ke PPP, menurut pengamatan saya tidak akan terlalu berpengaruh," katanya, Senin 19 Juni 2023.

Alasannya, kekuatan politik Gerindra pascaditinggalkan Menparekraf tersebut masih tetap sama, tidak menurun atau berkurang.

Atas dasar itu, ia meragukan kepindahan Sandiaga Uno bisa membawa dampak signifikan terhadap PPP yang dikomandoi Plt Ketua Umum Muhamad Mardiono.

BACA JUGA:PPP Siapkan Sandiaga Jadi Cawapres Ganjar, Respon Gerindra: Tak Masalah

Kemudian, terkait tawaran yang disodorkan PPP mendorong Sandiaga Uno sebagai bakal calon wakil presiden berpasangan dengan Ganjar Pranowo, ia mengatakan hal tersebut akan bergantung pada keputusan Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP.

Ia mengatakan jika melihat kebiasaan yang dilakukan Megawati, maka orang-orang yang diterima adalah individu yang mempunyai basis lingkungan kuat di tubuh partai.

"Sandiaga yang baru masuk PPP, tentunya Megawati akan berpikir apakah memang Sandiaga Uno mampu mewakili PPP sebagai sebuah partai atau hanya sekadar menjual figur Sandiaga Uno," jelas dia.

Pendapat berbeda diutarakan pengamat politik dari Universitas Andalas Prof Asrinaldi yang mengatakan bergabungnya Sandiaga Uno ke PPP diprediksi justru akan mendongkrak elektabilitas partai berlambang kakbah.

BACA JUGA:PPP Tak Paksakan Sandiaga Uno Jadi Cawapres Ganjar, Mardiono: Megawati Adalah Guru Politik Nasional Kita

Ia mengatakan dengan modal figur, elektabilitas, dan kinerja di Kemenparekraf yang tergolong bagus, maka Sandiaga diyakini akan turut membantu mendongkrak elektabilitas partai menjelang Pemilu 2024.

Apalagi, ujarnya, Sandiaga merupakan sosok figur menteri yang masih tergolong muda sehingga diyakini mampu menggaet konstituen dari kalangan milenial.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: