ACC Dukung Peningkatan Kualitas Lingkungan di Surabaya Lewat Pembuatan Biopori dan Edukasi Pengolahan Limbah

ACC Dukung Peningkatan Kualitas Lingkungan di Surabaya Lewat Pembuatan Biopori dan Edukasi Pengolahan Limbah

ACC Dukung program Peningkatan Kualitas Lingkungan-Ist-

ACC Dukung Peningkatan Kualitas Lingkungan di Surabaya Lewat Pembuatan Biopori dan Edukasi Pengolahan Limbah

ASTRA Credit Companies (ACC), perusahaan pembiayaan pertama Astra, mendukung peningkatan kualitas lingkungan di Surabaya dengan membuat 50 titik lubang resapan Biopori di rumah warga Kelurahan Kendangsari, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Surabaya serta melakukan kegiatan “Edukasi Pengolahan Limbah Organik Rumah Tangga”

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2023 dengan dihadiri langsung oleh Lurah Kendangsari Wisnu Wibowo, Staf Bidang Kebersihan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya Indah Noerhayati serta Branch Manager ACC Surabaya 3 Leon Mensana, Customer Retention & Service Head Mariani dan AR Management Head Pugoh Leksono.

Branch Manager ACC Surabaya 3 Leon Mensana mengatakan bahwa kualitas lingkungan hidup sangat penting karena dapat memberikan dukungan yang optimal bagi kelangsungan hidup manusia.

“ACC sangat concern dengan isu lingkungan hidup. Hal inilah yang menjadi dasar bagi kami dalam mendukung peningkatan kualitas lingkungan di Surabaya secara berkelanjutan dengan kegiatan CSR pembuatan biopori dan edukasi pengolahan limbah”, ujar Leon.

ACC membuat 50 titik lubang resapan biopori di wilayah rumah tinggal warga Kelurahan Kendangsari, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Surabaya.

Lubang resapan biopori ini merupakan teknologi ramah lingkungan yang bermanfaat untuk menjaga kesuburan dan kelestarian organisme tanah, mencegah erosi, membuat kompos, dan mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan oleh genangan air.

Biopori dapat mengurangi genangan air dengan cara meningkatkan daya serap air pada tanah. Biopori juga dapat mengurangi sampah organik. 

Sebagai kegiatan CSR berkelanjutan, selain membuat Biopori, ACC juga melakukan kegiatan “Edukasi Pengolahan Limbah Organik Rumah Tangga” kepada 50 warga Kelurahan Kendangsari, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Surabaya dengan narasumber dari Lurah Kendangsari Wahyu Wibowo dan Staf Bidang Kebersihan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya Indah Noerhayati. Kegiatan ini juga merupakan kerja sama antara ACC dan organisasi nirlaba Filantra.

Sustainability For A Better Living

Sustainability saat ini menjadi isu yang sangat penting dan menjadi perhatian di masyarakat. ACC sebagai perusahaan pembiayaan juga ikut berkontribusi dalam mewujudkan operasional bisnis yang ramah lingkungan.  ACC mengemas program keberlanjutan ini dalam tajuk “Sustainability For A Better Living”.

Terdapat dua kegiatan utama yang dijalankan oleh ACC yaitu program penghijauan dan juga program pemasangan solar panel untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. 

ACC telah menyerahkan 600 bibit pohon langka dan bibit pohon produktif di wilayah Kampung Berseri Astra Lengkong Kulon. Selain itu ACC juga secara simbolis melakukan pemasangan solar panel di kantor cabang ACC setelah sebelumnya ACC juga melakukan pemasangan solar panel di kantor Berijalan Digital Operation Center, Yogyakarta.

Pemasangan solar panel ini berkontribusi terhadap lingkungan antara lain dengan membantu mengurangi karbon sebanyak 6 ton per tahun. Pemasangan solar panel ini juga setara dengan menanam 287 pohon per tahun serta setara dengan mengurangi perjalanan kendaraan bermotor roda 4 sejauh 147,062 kilometer per tahun.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: