Jaga Perdamaian dan Rasa Persaudaran, Ganjar: Banyak Pelajaran dari Kesultanan Banten

Jaga Perdamaian dan Rasa Persaudaran, Ganjar: Banyak Pelajaran dari Kesultanan Banten

Ganjar Pranowo menggelar ziarah ke makam Sultan Maulana Hasanuddin di Kompleks Masjid Agung Banten dan bersilahturahmi ke Kesultanan Banten Lama di Serang, Banten, Minggu (28/5/2023). -Fianda Sjofjan Rassat-ANTARA

Jaga Perdamaian dan Rasa Persaudaran, Ganjar: Banyak Pelajaran dari Kesultanan Banten - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan kunjungan ke Banten.

Dalam kunjungannya bakal calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan itu menyempatkan ziarah ke makam Sultan Maulana Hasanuddin di Kompleks Masjid Agung Banten dan bersilahturahmi ke Kesultanan Banten Lama di Serang, Banten, Minggu, 28 Mei 2023.

Saat berziarah, Ganjar mengatakan banyak pelajaran yang bisa diambil dari Kesultanan Banten dalam hal menjaga perdamaian dan rasa persaudaraan.

"Kalau kita tidak seagama, tetapi pasti kita sesama manusia punya rasa kemanusiaan," katanya dalam keterangan, Minggu, 28 Mei 2023.

BACA JUGA:

Ganjar mengatakan Kesultanan Banten Lama dan Kompleks Masjid Agung merupakan tempat yang sangat bersejarah.

Dia juga mendapat penjelasan dari keluarga Kesultanan, sejak tahun 1500-an lalu, Banten menjadi pusat peradaban dan contoh bagaimana toleransi berjalan dengan baik.

"Diceritakan, tidak jauh dari area masjid dan makam ini ada tempat ibadah agama lain yang diizinkan Sultan. Pembelajaran yang berharga, ayo kita saling hormat menghormati," kata Ganjar.

Kader PDIP ini pun menyampaikan rasa terimakasihnya kepada keluarga kesultanan yang telah mengajak dirinya berkeliling dan mengenal sejarah.

BACA JUGA:

"Saya terima kasih bisa hadir, diantar keluarga sultan, berkeliling dan dapatkan cerita sejarah, dan sempat berdoa bersama. Mudah-mudahan jadi kebaikan kita bersama," ujar Ganjar.

Ganjar pun disambut meriah dengan tabuhan rebana dan lantunan sholawat serta ayat-ayat suci Al-Quran. 

Sejumlah peziarah yang kebetulan ada di lokasi juga menyambut kehadiran Gubernur Jawa Tengah tersebut.

"Saya doakan Bapak/ibu sehat, perjalanan lancar, banyak rizki, dan tentu saja semuanya ini untuk kebaikan bangsa negara dan kemanusiaan," kata Ganjar yang langsung dijawab 'amin' oleh ribuan peziarah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: