Jelang Hari Tanpa Tembakau Sedunia, ICTOH ke-8 Dorong Konsumsi Makanan Bergizi Dibandingkan Rokok

Jelang Hari Tanpa Tembakau Sedunia, ICTOH ke-8 Dorong Konsumsi Makanan Bergizi Dibandingkan Rokok

Ilustrasi poster Indonesian Conference on Tobacco or Health (ICTOH) ke-8 2023.-Instagram/@ictoh_id-

Hari Tanpa Tembakau - Indonesian Conference on Tobacco or Health (ICTOH) ke-8 dorong konsumsi makanan bergizi dibanding rokok jelang Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) pada 31 Mei 2023.

ICTOH ke-8 kembali digelar secara luring (luar jaringan) di Magelang, Jawa Tengah, mulai 29 Mei 2023 hingga 1 Juni 2023. 

HTTS 2023 kali ini, ICTOH ke-8 mengangkat tema 'We Need Food Not Tobacco'.

Untuk itu, Tobacco Control Support Center Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (TCSC IAKMI) berkolaborasi dengan MTCC Universitas Muhammadiyah Magelang menggelar ICTOH ke-8.

BACA JUGA:

Sebagai konferensi tentang tembakau atau kesehatan di Indonesia, ICTOH ke-8 memiliki tujuan mendorong pemerintah Indonesia agar memperkuat kebijakan pro kesehatan masyarakat, salah satunya dengan mendorong kebiasaan belanja rokok ke kebutuhan pangan bergizi.

Hal ini mengingat tren konsumsi rokok di Indonesia terus meningkat dan menjadi ancaman bagi pencapaian target RPJMN 2020-2024. 

Selain itu, tingginya jumlah perokok di Indonesia saat ini tidak diikuti dengan upaya pengendalian konsumsi rokok khususnya di kalangan anak-anak.

Padahal ada tiga target kegiatan prioritas dalam pengendalian tembakau yakni; peningkatan jumlah kabupaten/kota yang menerapkan kawasan tanpa rokok, meningkatkan kab/kota dengan lebih dari 40 persen pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) memiliki layanan upaya berhenti merokok, serta meningkatkan pengawasan jumlah label, iklan, promosi, dan sponsor pada produk tembakau.

BACA JUGA:

Ketua Panitia ICTOH ke-8, dr. Sumarjati Arjoso, SKM menyatakan pengendalian pandemi yang cukup baik akhirnya membantu penyelenggaraan ICTOH tahun ini terselenggara kembali secara luring.

Meski demikian, kegiatan ICTOH ke-8 masih akan mengakomodasi peserta daring (hybrid) yang terdiri dari 4 plenari, 5 simposium, 4 diskusi paralel, presentasi poster, dan kunjungan lapangan ke embung dan pertanian tembakau.

"Panitia menerima tidak kurang dari 55 abstrak yang berasal dari berbagai organisasi, institusi dan kampus, yang akan dipresentasikan dalam sesi paralel dan poster," jelas dr. Sumarjati.

Ketua Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC) Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) Dr. Dra. Retno Rusdjijati, MKes mengatakan tema ICTOH ke-8 selaras dengan tema HTTS 2023 dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) yaitu 'Kita butuh Makanan Bergizi bukan Rokok'.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tiyo Bayu Nugro

Tentang Penulis

Sumber: