Tinjau Kondisi Jalan Rusak di Jambi, Jokowi: Pemerintah Pusat akan Ambil Alih

Tinjau Kondisi Jalan Rusak di Jambi, Jokowi: Pemerintah Pusat akan Ambil Alih

Jokowi tinjau jalan rusak di Jambi-Setkab-

Tinjau Kondisi Jalan Rusak di Jambi, Jokowi: Pemerintah Pusat akan Ambil Alih

PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah pusat akan ambil alih perbaikan jalan di beberapa wilayah di Jambi. 

Hal itu dikatakan Jokowi usai melakukan kunjungan kerja ke Jambi pada Selasa 16 Mei 2023 kemarin. Ruas jalan yang ditinjau Presiden yakni Jalan di Kota Jambi hingga Desa Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi di Jambi.

“Yang tadi, jalan kabupaten, jalan provinsi, ini juga akan diambil alih oleh pusat dan segera juga dikerjakan,” ujar Presiden, dikutip Rabu 17 Mei 2023.

Presiden menambahkan, jalan produksi dan jalan logistik tersebut sangat penting bagi pertumbuhan wilayah Jambi.

“Yang namanya jalan logistik itu sangat penting sekali, yang namanya jalan produksi itu sangat penting sekali sehingga itu yang didahulukan. Apalagi rusak parah, harus segera dikerjakan,” ujarnya.

BACA JUGA:Polda Jambi Hentikan Angkutan Batu Bara Mulai Besok 9 April 2023, Ini Wilayah yang Dilarang Melintas

BACA JUGA:Kaji Tiru Antar Institusi Universitas Esa Unggul dengan STIKes Baiturrahim Jambi

Lebih lanjut Presiden mengungkapkan, di Provinsi Jambi terdapat sejumlah infrastruktur jalan yang mengalami kerusakan, baik jalan kabupaten/kota, provinsi, maupun nasional.

“Untuk jalan kabupaten ada 10 ribu kilometer yang rusak kurang lebih 4.600 km hampir separuh yang rusak jalan kabupaten/kota," ujar Jokowi. 

"Kemudian, jalan provinsi ada 1.030 kilometer, yang rusak 250 kilometer, 25 persen, seperempatnya. Jalan nasional ada 1.300 km, yang rusak 130 km,” ungkapnya.

Presiden mengatakan, pemerintah akan segera memulai perbaikan sejumlah ruas jalan di Jambi pada bulan Juli mendatang.

“Ini yang kita cek tadi jalan produksi untuk nanas ke sana, benar, rusak. Itu masuk, akan kita mulai [perbaikan] nanti bulan Juli, bulan Agustus,” ujarnya.

Tak hanya di Jambi, kata Presiden, perbaikan jalan juga diperlukan di sejumlah provinsi di tanah air. Perbaikan tersebut, lanjutnya, akan dilakukan secara bersama oleh pemerintah pusat dan daerah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: