Uji Coba Kereta Cepat, Aparat TNI-Polri Amankan Jalur dari Jakarta hingga Bandung

Uji Coba Kereta Cepat, Aparat TNI-Polri Amankan Jalur dari Jakarta hingga Bandung

Kereta Cepat Jakarta Bandung menjelang pelaksanaan uji dinamis di Stasiun Tegaluar (dok. KCIC)--

Uji Coba Kereta Cepat, Aparat TNI-Polri Amankan Jalur dari Jakarta hingga Bandung - Uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan segera dilaksanakan.

Pada pelaksanaan uji coba kereta cepat aparat dari TNI dan Polri akan melakukan pengamanan mulai dari Jakarta hingga Bandung, Jawa Barat.

General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Rahadian Ratry  mengatakan pihaknya bersama TNI/Polri segera mengecek keamanan dan keselamatan di berbagai titik proyek.

Dijelaskannya, aparat TNI-Polri yang terlibat dalam pengamanan, yaitu Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Kodam Jaya, dan Kodam 3 Siliwangi.

BACA JUGA:

"Pengamanan dilakukan mulai Stasiun Halim hingga Stasiun Tegalluar, Bandung," katanya dalam keterangannya, Minggu, 14 Mei 2023. 

Dijelaskannya, pengecekan bersama ini untuk memitigasi dan mengantisipasi potensi gangguan keamanan yang akan terjadi jelang pelaksanaan commissioning test atau uji coba.

"Pengecekan bersama dilakukan untuk melihat rencana pengamanan jalur KCJB yang akan segera dilakukan test commissioning. Commissioning test ini perlu pengamanan yang maksimal karena merupakan tahapan yang cukup penting di mana kesiapan sarana dan prasarana KCJB akan dicek secara menyeluruh," ujarnya.

Pengecekan bersama yang dilakukan meliputi kondisi rel KA Cepat, terowongan, titik jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung yang dekat dengan pemukiman, kesiapan peralatan dan petugas pengamanan, serta objek-objek lainnya yang berpotensi adanya gangguan keamanan dan keselamatan.

BACA JUGA:

Selain dengan TNI/Polri, pemeriksaan juga melibatkan kewilayahan setempat untuk mempercepat proses sosialisasi dan pencegahan gangguan keamanan yang dapat terjadi.

Rahadian menjelaskan, setelah adanya Kegiatan tersebut, agar seluruh pihak yang terlibat dapat mulai melakukan perbaikan-perbaikan dan peningkatan pengamanan dalam rangka memastikan kesiapan commisioning test Kereta Cepat Jakarta Bandung.

"KCIC berterima kasih kepada Kepolisian dan TNI yang sudah membantu KCIC dalam menyelesaikan proyek KCJB. Kolaborasi yang baik antar pihak ini diharapkan mampu membantu percepatan terwujudnya Kereta Api Cepat pertama di Asia Tenggara," tutur Rahadian.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: