Battery Seksual

Battery Seksual

Donald Trump dan E. Jean Carroll.----

Oleh: Dahlan Iskan

Ia dinyatakan bersalah, tapi tidak akan masuk penjara. Ia juga tidak akan dimasukkan dalam daftar ''predator seks''.

Mantan Presiden Trump memang divonis bersalah di pengadilan New York. Barusan. Tapi kali ini untuk perkara perdata. Bukan pidana. Yakni untuk perbuatan yang dilakukannya tahun –Anda mungkin belum lahir– 1995 akhir.

Di Amerika, pun perkara perdata, juga bisa pakai mekanisme dewan juri. Dewan juri yang memutuskan. Bukan hakim. 

Untuk perkara Trump kali ini dewan jurinya 9 orang: 6 laki-laki, 3 perempuan. Semuanya orang New York. Hakim bersikap pasif.

Dewan juri itulah yang mendengarkan keterangan penggugat: wanita yang kini berumur 79 tahun, E. Jean Carroll. Dewan juri lalu mendengarkan keterangan saksi-saksi. Melihat barang bukti.

Saksi-saksi itu didatangkan oleh kedua pihak. Penggugat dan tergugat. Carroll menghadirkan 6 saksi. Mereka adalah teman kerja di majalah wanita terkemuka, dua orang pegawai mal dan dua orang wanita yang juga pernah merasa diganggu Trump.

Pengadilan juga sudah minta agar Trump mau hadir memberi keterangan sanggahan. Trump tidak mau hadir. Ia hanya kirim keterangan lewat video. 

Trump pun diminta untuk mencari saksi dari pihaknya. Agar kesaksian berimbang. Trump juga tidak mau kirim saksi.

Maka hanya dalam tiga jam persidangan dewan juri memutuskan: Trump bersalah untuk dua hal. Yakni pelecehan seksual dan penghinaan/pencemaran nama baik Carroll. Tapi juri menolak gugatan Carroll dalam hal pemerkosaan. 

Untuk itu Trump diputuskan harus membayar ganti rugi kepada Carroll USD 5 juta.

Ceritanya, menurut berbagai media di Amerika, begini: 

Kala itu Carroll bertemu Trump di toko serbaada The Bergdorf Goodman. Carroll sudah mau keluar dari toko. Trump baru masuk. Carroll pun menyapa Trump.

Carrrol berumur 51 tahun. Trump berumur 48 tahun. Carroll adalah penulis di majalah Elle yang terkenal itu. Juga konsultan pembaca untuk persoalan wanita. Trump sudah jadi konglomerat dan bintang media. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber:

Berita Terkait

Gaza Rock

2 bulan

Gaza Ben

2 bulan

Ikut Tidur

2 bulan