Kemandulan Pada Pria Sama Besarnya dengan Perempuan, Begini Cara Mengatasinya

Kemandulan Pada Pria Sama Besarnya dengan Perempuan, Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi suami istri tidak harmonis. (ist)--

Kemandulan Pada Pria Sama Besarnya dengan Perempuan, Begini Cara Mengatasinya

Dokter Spesialis Andrologi dan Seksologi Rumah Sakit Pondok Indah dr. Silvia Werdhy Lestari, M. Biomedis, Sp. And. mengatakan kemungkinan infertilitas atau kemandulan pada lelaki sama besarnya dengan perempuan.

Silvia menjelaskan, infertilitas atau kemandulan didiagnosa jika pasangan suami-istri tidak dapat melahirkan bayi hidup setelah setahun menikah dan berhubungan secara teratur.

Hubungan seksual teratur normalnya dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

“Pasangan suami-istri yang menderita fertilitas nggak banyak, sekitar 1 dari 6 pasangan,” kata dr. Silvia dalam acara “Seminar Gangguan Kesuburan Pria” oleh Rumah Sakit Pondok Indah di Jakarta, Kamis 11 Mei 2023.

BACA JUGA:Penyebab Kemandulan pada Wanita Menurut Dokter

Biasanya, gangguan kesuburan pada laki-laki atau infertilitas ini disebabkan oleh beberapa faktor, yakni stres berlebihan, radiasi dari perangkat elektronik, terutama jika gawai ditaruh di kantung celana atau memangku laptop, kurang berolahraga, polusi udara, mengonsumsi makanan rendah gizi, dan gaya hidup tidak sehat.

Selain itu, memakai celana terlalu ketat, berolahraga dengan jenis tertentu, serta merokok juga dapat menyebabkan infertilitas pada laki-laki.

Namun, ada faktor lain yang tidak atau sulit diketahui penyebabnya, yaitu genetik. 

Sebanyak 20 persen penyebab infertilitas diakibatkan oleh faktor tertentu di luar infertilitas pada laki-laki ataupun perempuan. 

BACA JUGA:Cegah Mandul dengan Rutin Konsumsi Telur

Faktor genetik tersebut pada kasus tertentu membuat sperma tidak dapat membuahi sel telur.

Secara umum, ada beberapa kondisi pada alat dan saluran kelamin pria yang dapat mengganggu kesuburan mereka, yaitu bila ukuran testis pria dewasa kurang dari 12-25 ml atau sebesar telur ayam. 

Jika testis pria dewasa tidak terlihat atau kurang dari standar ukuran normal, maka proses pembentukan sperma dapat mengalami masalah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: