KTT ASEAN 2023, Jokowi Ajak Seluruh Negara ASEAN Kurangi Ketegangan di Indo-Pasifik

KTT ASEAN 2023, Jokowi Ajak Seluruh Negara ASEAN Kurangi Ketegangan di Indo-Pasifik

Presiden Jokowi saat KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, NTT.-twitter @ASEAN-twitter @ASEAN

KTT ASEAN 2023, Jokowi Ajak Seluruh Negara ASEAN Kurangi Ketegangan di Indo-Pasifik - Seluruh negara yang tergabung dalam Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) diminta untuk mengurangi ketegangan di Indo-Pasifik yang mencakup Asia Pasifik dan Samudera Hindia.

Ajakan tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka sesi retreat KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis, 11 Mei 2023. 

Jokowi menyebut salah satu cara untuk mengurangi ketegangan di kawasan Indo-Pasifik adalah dengan mengimplementasikan Pandangan ASEAN terhadap Indo-Pasifik (ASEAN Outlook on Indo-Pasific/AOIP).

“Diperlukan kerja sama konkret dan inklusif untuk mengurangi ketegangan di Indo-Pasifik, salah satunya dapat melalui ASEAN Indo-Pasific Infrastructure Forum sebagai platform kerja sama konkret bersama negara mitra,” katanya.

BACA JUGA:

Indo-Pasifik adalah kawasan dengan pertumbuhan tercepat di dunia yang mencakup 65 persen dari perekonomian dunia. Kawasan tersebut juga merupakan tempat tinggal bagi lebih dari setengah penduduk dunia sehingga banyak negara berebut pengaruh di Indo-Pasifik.

Melalui prakarsa Indonesia, ASEAN pada 2019 meluncurkan AOIP yang merupakan penegasan posisi ASEAN dalam peranannya untuk menjaga perdamaian, keamanan, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik.

AIOP mengedepankan pendekatan dialog dan kerja sama yang terbuka dan inklusif, alih-alih kompetisi dan persaingan. 

Pandangan tersebut menegaskan bahwa ASEAN tidak akan berpihak pada negara besar mana pun dan akan menjaga perdamaian kawasan Indo-Pasifik.

BACA JUGA:

Pada KTT ASEAN 2023, Indonesia akan menggelar beberapa kegiatan utama di bawah forum ASEAN-Indo-Pasifik sebagai bagian dari upaya menerapkan AOIP.

Selain forum infrastruktur, rangkaian kegiatan tersebut juga mencakup dialog kepemudaan dan pengembangan digital dalam mendukung pembangunan berkelanjutan (SDGs), forum ekonomi kreatif, serta KTT ASEAN bisnis dan investasi.

Pada keketuaan kali ini, Indonesia mengangkat tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth yang bermakna ASEAN relevan dan penting sebagai pusat pertumbuhan dunia.

Indonesia bertujuan memperkuat kapasitas dan efektivitas kelembagaan ASEAN agar mampu menjawab tantangan 20 tahun ke depan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: