Kembali Layani Penerbangan Umrah, Bandara Kertajati Hari Ini Berangkatkan 144 Jamaah Umrah

Kembali Layani Penerbangan Umrah, Bandara Kertajati Hari Ini Berangkatkan 144 Jamaah Umrah

Bandara Kertajati Siap Digunakan untuk Pemberangkatan dan Pemulangan Jemaah Haji 1444 H--(Istimewa)

Kembali Layani Penerbangan Umrah, Bandara Kertajati Hari Ini Berangkatkan 144 Jemaah Umrah - Bandara Kertajati di Majalengka (Jawa Barat) yang dikelola PT Angkasa Pura II pada hari ini,Selasa 9 Mei 2023, kembali melayani penerbangan umrah.

Sebanyak 144 jemaah umrah menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 nomor penerbangan GA902 berangkat dari Bandara Kertajati pada hari ini sekitar pukul 10:37 WIB untuk menuju JED (Jeddah).

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan penerbangan umrah hari ini merupakan keempat kalinya sejak November 2022 yang dilakukan di Bandara Kertajati.

“Penerbangan umrah hari ini yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia merupakan yang keempat kalinya, di mana ini sekaligus menandakan konsistensi bersama dalam membangun konektivitas penerbangan di Bandara Kertajati.”

BACA JUGA:

  1. Dukung KTT ASEAN 2023, Angkasa Pura I Siapkan 36 Parking Stand di Empat Bandara
  2. Kementerian BUMN dan InJourney Lakukan Pergantian Direksi Angkasa Pura I

“AP II berterima kasih kepada masyarakat dan seluruh stakeholder antara lain Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, imigrasi, bea dan cukai, maskapai, ground handling, pihak travel, TNI dan Polri yang telah bersama-sama dapat mewujudkan penerbangan umrah di Bandara Kertajati,” ujar Muhammad Awaluddin dalam keterangannya, Selasa 9 Mei 2023.

AP II berharap jemaah umrah asal Jawa Barat dapat merasa lebih nyaman dan lebih dekat melalui Bandara Kertajati untuk berangkat ke Tanah Suci.

“Seluruh aspek di Bandara Kertajati  sudah dipersiapkan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah umrah. Fasilitas dan infrastruktur di sisi udara (air side) maupun sisi darat (land side) dalam kondisi baik dan dapat optimal mendukung penerbangan umrah pada hari ini,” jelas Muhammad Awaluddin.

Bandara Kertajati ramah lansia bagi jemaah haji

AP II saat ini juga tengah mempersiapkan Bandara Kertajati untuk melayani penerbangan haji mulai 28 Mei 2023. Rencananya, sebanyak 24 kloter akan diberangkatkan dari Bandara Kertajati. 

BACA JUGA:

  1. Angkasa Pura I Catat Layani 3,95 Juta Penumpang Selama Periode Lebaran 2023
  2. Angkasa Pura II Catat Jumlah Penerbangan di Bandara Soetta Tembus Lebih Dari 1.000 Per Hari

Executive General Manager Bandara Kertajati Nuril Huda memaparkan pada kloter pertama sebanyak 30% dari total jemaah haji adalah lansia.

“Informasi yang kami terima, sebanyak 30 persen jamaah kloter pertama adalah lansia dan sejalan dengan itu kami mempersiapkan berbagai fasilitas untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi seluruh jemaah haji termasuk lansia. Kami menjadikan Bandara Kertajati ramah bagi jemaah haji lansia,” ujar Nuril Huda. 

Fasilitas yang ditambah untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi jemaah haji lansia adalah personel khusus yang bertugas memberikan asistensi dan hospitality bagi lansia, lalu kursi khusus lansia di boarding lounge, toilet khusus lansia, kemudian kursi roda untuk mengantar mulai dari area check-in hingga boarding lounge, dan posko imigrasi.

“Kami menugaskan personel untuk asistensi dan hospitality, serta menyediakan fasilitas penting antara lain kursi khusus lansia di boarding lounge, toilet khusus lansia, kursi roda serta posko imigrasi dengan dukungan penuh Kantor Imigrasi untuk memproses paspor secara bertahap, tidak bergerombol,” jelas Nuril Huda. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: