Ridwan Kamil Dinilai Sosok Cawapres yang Cocok untuk Ganjar dan Prabowo, Ini Deretan Kelebihannya

Ridwan Kamil Dinilai Sosok Cawapres yang Cocok untuk Ganjar dan Prabowo, Ini Deretan Kelebihannya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) bersalaman dengan Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo)-@GunRomli-Twitter

Ridwan Kamil Dinilai Sosok Cawapres yang Cocok untuk Ganjar dan Prabowo, Ini Deretan Kelebihannya - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dinilai merupakan sosok calon wakil presiden (cawapres) yang tepat bagi Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh pakar Komunikasi Politik Universitas Airlangga Surabaya Suko Widodo.

"Ridwan Kamil (RK)  memiliki beberapa kelebihan lain. Pertama, mantan Wali Kota Bandung itu punya pengaruh kuat di Jawa Barat dan Jakarta," katanya, Minggu, 7 Mei 2023.

Kedua, Ridwan Kamil sangat populer di media sosial, sehingga berpengaruh besar terhadap netizen. Ketiga, Ridwan Kamil termasuk gubernur yang berhasil dalam tugas.

BACA JUGA:

Dari tiga nama capres dengan elektabilitas tertinggi sejauh ini, Suko menyebutkan bahwa Ridwan Kamil paling realistis jika berpasangan dengan Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto.

"Karena Ganjar pengaruhnya besar di Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, serta Jawa Timur. Sementara Prabowo punya pengaruh merata meski basis kekuatannya terpencar-pencar. Jika dengan Anies Baswedan, relatif sama irisannya," ujarnya.

Khusus di Jawa Timur, meski belum memiliki basis massa yang besar, Suko menilai RK masih punya peluang untuk masuk dan mendongkrak suara dari beberapa sub kultur. Baik Mataraman, Arek, Pendalungan, Madura maupun Osing. Salah satu yang dibutuhkan adalah intensitas bersentuhan dengan masyarakat Jawa Timur.

"Jika ingin mendongkrak maka bisa mengambil mesin Golkar yang jumlahnya relatif besar dan kalangan netizen," ujar dia.

BACA JUGA:

Suko menambahkan bila merujuk survei terbaru IPI dan LSI, peluang Ridwan Kamil mendongkrak suara bila pemilu dilaksanakan saat ini memang besar.

"Jika pemilunya hari ini, peluang RK paling besar. Namun, pemilu masih sekitar sembilan setengah bulan lagi," katanya.

"Untuk itu, setiap kandidat masih punya peluang meningkatkan elektabilitas. Termasuk RK yang kini elektabilitasnya sebagai cawapres berada di posisi teratas," ujarnya.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: