Realisasi Investasi Kuartal I 2023 Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi 5%, Ekonom Apresiasi Menteri Bahlil

Realisasi Investasi Kuartal I 2023 Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi 5%, Ekonom Apresiasi Menteri Bahlil

Ilustrasi Investasi-FIN.CO.ID-

Realisasi Investasi Kuartal I 2023 Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi 5%- 

MENTERI Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2023 bisa mencapai 5%. Hal ini seiring dengan capaian realisasi investasi pada kuartal I-2023 yang mampu berada di Rp 328,9 triliun. 

Menurutnya, investasi menjadi komponen penting yang bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia. Meski secara global perekonomian diprediksi melandai pada tahun ini, Ia optimistis dengan dorongan investasi, ekonomi RI mampu tumbuh sesuai harapan.

Pengamat Ekonomi Unika Atma Jaya Rosdiana Sijabat mengapresiasi kinerja Menteri Investasi/Kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mampu meningkatkan realisasi investasi pada kuartal I 2023.

Sebab, realisasi investasi tersebut turut memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada pada angka 5,03% meskipun situasi domestik dan global menghadapi berbagai tantangan yang tidak mudah.

BACA JUGA:Potensi Investasi Besar, DPR Dukung Bahlil Atur Perdagangan Karbon di Indonesia

BACA JUGA:Freeport Harus Penuhi 2 Syarat Perpanjangan Kontrak, Bahlil: Harus Mau, Saya Siap Dievaluasi Jadi Menteri

“Kalau kita lihat faktor-faktor apa yang kita rasa bahwa perekonomian ini pada hal yang baik, on the right track seperti itu kita bisa lihat misalkan dari sisi investasi, produksi maupun konsumsi yang mana sebenarnya ada banyak tantangan di sana di tengah kemampuan pemerintah mencapai pertumbuhan ekonomi pada tingkat 5,03% di kuartal satu ini,” ujar Rosdiana, Sabtu 6 Mei 2023.

Rosdiana mengatakan meski banyak tantangan-tantangan di depan mata terkait investasi dan pertumbuhan ekonomi, menurutnya banyak peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan agar realisasi investasi bisa mencapai target dan pertumbuhan ekonomi bisa menembus lebih dari 5% sampai pada akhir 2023 ini.

Dikatakan Rosdiana, secara domestik Indonesia menghadapi gejolak tahun politik, dia berharap kondisi politik dalam negeri tetap stabil dan mengharapkan pertumbuhan ekonomi dapat disokong oleh belanja politik para kandidat.

BACA JUGA:Kisah Inspiratif Bahlil Lahadalia: Dari Penjual Kue, Sopir Angkot hingga Menteri Investasi

BACA JUGA:Upaya Menteri Bahlil Genjot Percepatan Penerbitan NIB Disambut Positif Pelaku Usaha Kecil

“Dari sisi produksi misalkan kita harapkan belanja politik yang mungkin akan naik mulai dari mungkin kuartal III lalu kemudian semakin meningkat di kuartal IV 2023 ini akan menjadi memberikan dampak tambahan kepada sektor riil kita sektor produksi,” paparnya.

“Kita biasanya belanja pemilu ada tambahan dana ke dalam perekonomian setiap kita mengalami pemilu itu menyebabkan naiknya konsumsi masyarakat yang didorong adanya dana pemilu,” sambung Rosdiana.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: