Siap-siap, Tarif Tol Medan-Binjai Segera Naik

Siap-siap, Tarif Tol Medan-Binjai Segera Naik

Gerbang Tol Binjai, Ruas Jalan TOl Medan - Binjai yang dikelola Hutama Karya-Istimewa-Hutama Karya

Tarif Tol Medan-Binjai Bakal Disesuaikan – PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengelola Jalan Tol Medan – Binjai (Mebi) menginformasikan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan penyesuaian tarif kepada ruas tol tersebut.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menyampaikan bahwa penyesuaian tarif yang dilakukan telah sesuai dengan UU Jalan No. 2 tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas UU No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan Pada Pasal 48 ayat 3 yang menyebutkan bahwa penyesuaian tarif jalan tol dapat dilakukan setiap 2 (dua) tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi dan evaluasi terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol. 

Sejak dioperasikan pada Oktober tahun 2017, jalan tol Mebi belum pernah dilakukan penyesuaian tarif, dimana seharusnya sudah dilakukan pada tahun 2019 dan 2021 yang lalu.

“Pandemi Covid-19 dan adanya kenaikan harga BBM pada Oktober 2022 hingga 30 persen, membuat Hutama Karya melakukan penundaan penyesuaian tarif tol MeBi agar tidak memberatkan masyarakat,” tutur Koentjoro, dalam keterangannya, Kamis 4 Mei 2023.

BACA JUGA:

  1. Update Harga BBM Pertamina: Nonsubsidi Pertamina Dex dan Dexlite Turun, Pertalite Juga?
  2. Update Harga BBM Terbaru 3 Mei 2023 di Jabodetabek, SPBU Pertamina, Shell, BP AKR

Dengan pertimbangan saat ini perekonomian telah pulih kembali, dimana inflasi di April 2023 ini lebih rendah dari Oktober tahun lalu (data dari website Bank Indonesia pada Oktober 2022 inflasi mencapai 5.71 persen, sedangkan pada April 2023 ini mengalami penurunan menjadi 4.33 persen.

"Sehingga ini saat yang tepat untuk dilakukan penyesuaian tarif," ujarnya. 

Hutama Karya berkomitmen bahwa penyesuaian tarif pada ruas tol tersebut telah diikutidengan pemenuhan dan peningkatan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dengan terus melakukan pemeliharaan dan peningkatan pada layanan transaksi maupun operasional.

Diketahui saat ini Tol Mebi telah dilengkapi oleh 26 gardu transaksi yang tersebar di 4 (empat) Gerbang Tol (GT) yakni GT Binjai, GT Semayang, GT Helvetia dan GT Marelan; 10 armada siaga yang terdiri dari ambulans, mobil rescue, mobil derek, layanan jalan tol dan Patroli.

BACA JUGA:

  1. Cetak Laba Rp15,56 Triliun dalam 3 Bulan, Saham BBRI Langsung Terbang!
  2. Dalam 3 Bulan BRI Cetak Laba Rp15,56 Triliun

Jalan Raya (PJR), 55 CCTV dengan dua arah mata kamera yang dimonitoring selama 24 jam di control room, 5 (lima) Variable Message Sign (VMS) serta melakukan pemeliharaan jalan tol dan beautifikasi secara rutin.

“Penyesuaian tarif ini juga akan berdampak pada keberlanjutan jalan tol, dengan meningkatkan level of trust investor terhadap jalan tol yang dikelola dan menciptakan iklim investasi jalan tol yang kondusif,” tutup Koentjoro.

Sementara itu, Pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio dalam FGD Virtual Terbatas Sosialisasi Penyesuaian Tarif Tol Medan - Binjai pada Rabu 3 Mei 2023 yang diselenggarakan secara virtual menyampaikan bahwa penyesuaian tarif ini memang sudah seharusnya dilakukan,  mengingat Tol Mebi sejak awal beroperasi belum pernah dilakukan penyesuaian tarif dan pelayanan tol ini telah memenuhi SPM.

“Secara regulasi tidak ada masalah karena memang sesuai regulasi sudah saatnya dilakukan penyesuaian tarif dan untuk penundaan juga sudah dilakukan selama 2-3 kali, penyesuaian tarif juga merupakan perjanjian pemerintah dengan investor untuk menilai nilai keekonomian jalan tol tersebut,” ujar Agus Pambagio.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: