Risiko Menggunakan Google Smart Lock, Pengguna Harus Tau

Risiko Menggunakan Google Smart Lock, Pengguna Harus Tau

Risiko Menggunakan Google Smart Lock, Image oleh Pexels dari Pixabay--

Risiko Menggunakan Google Smart Lock, Pengguna Harus Tau - Di artikel yang lalu, FIN sudah sempat membahas soal Google Smart Lock dan fitur yang ditawarkannya.

Google Smart Lock adalah fitur keamanan pada perangkat Android dan Chrome. 

Dengan kunci pintar ini, kamu bisa membuka perangkat Android atau Chromebook tanpa harus memasukkan PIN, pola, atau password setiap kali. 

BACA JUGA:Google Smart Lock, Buka HP Gak Perlu Lagi Masukin Password

Namun tetap saja penggunaan Google Smart Lock bukan tanpa risiko. 

Malahan, ada banyak risiko penggunaan Google Smart Lock. 

Karenanya, orang yang menggunakan kunci pintar ini, juga harus pintar dalam penggunaannya. 

Dengan mengetahui risiko menggunakan Google Smart Lock, penggunannya dapat terhindar dari kecerobohan dalam menggunakannya. 

Di bawah ini kamu akan diinfokan soal risiko menggunakan Google Smart Lock.

BACA JUGA:Cara Menggunakan Google Smart Lock,

Meskipun Google Smart Lock menawarkan kemudahan dan keamanan dalam membuka kunci perangkat dan menyimpan password, fitur ini juga memiliki beberapa risiko yang perlu kamu ketahui. Beberapa risiko tersebut adalah:

  • Perangkat bisa dibuka oleh orang lain: Jika kamu menggunakan deteksi tubuh, tempat terpercaya, atau perangkat terpercaya, ada kemungkinan perangkat kamu bisa dibuka oleh orang lain yang memegangnya atau berada di dekatnya. Misalnya, jika kamu meninggalkan HP di meja rumah atau kantor yang sudah menjadi tempat terpercaya, orang lain bisa membuka kunci HP tanpa harus memasukkan PIN, pola, atau sandi.
  • Wajah atau suara bisa dipalsukan: Jika kamu menggunakan wajah terpercaya atau suara terpercaya, ada kemungkinan perangkat kamu bisa dibuka oleh orang lain yang meniru wajah atau suara kamu. Misalnya, jika ada orang yang memiliki foto atau rekaman suara kamu, dia bisa mencoba membuka kunci HP dengan menggunakan foto atau rekaman tersebut.
  • Password bisa dicuri oleh hacker: Jika kamu menggunakan fitur penyimpanan dan pengisian password otomatis dari Google Smart Lock, ada kemungkinan password kamu bisa dicuri oleh
  • hacker atau malware yang mencoba mengakses akun Google kamu. Misalnya, jika kamu lupa keluar dari akun Google di perangkat publik atau terinfeksi virus yang mencuri data pribadi kamu.

Demikian artikel Risiko Google Smart Lock yang penting untuk diketahui

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: