Kapolri dan Menko PMK Tinjau Arus Mudik di GT Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah

Kapolri dan Menko PMK Tinjau Arus Mudik di GT Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menko PMK Muhadjir Effendy ketika meninjau para pemudik di GT Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah pada Selasa (18/4/2023). (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti)--

Kapolri dan Menko PMK Tinjau Arus Mudik di GT Kalikangkung - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung arus mudik di GT Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah. 

Tinjauan Kapolri bersama dengan Menko PMK Muhadjir Effendy untuk memastikan keadaan para pemudik yang melintas tetap dalam kondisi prima.

“Selamat siang bapak, dari mana? sudah berapa jam berkendara sampai tiba di sini?,” tanya Kapolri Sigit kepada seorang pemudik di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Selasa 18 April 2023 dilansir dari Antara.

Dalam tinjauan Listyo Sigit bersama Muhadjir, memastikan betul bahwa tidak ada kendala yang dialami pemudik sampai tiba di GT Kalikangkung.

BACA JUGA:Kemnaker Berangkatkan 78 Bus dan 3 Kereta untuk Mudik Pekerja

Kapolri bahkan menanyakan berapa jumlah keluarga yang ikut dalam satu mobil. Seorang pemudik menjawab dirinya berasal dari Jakarta dan butuh waktu sekitar enam jam lamanya untuk sampai ke gerbang tol.

Hal tersebut kemudian disambut senyum Kapolri sambil mendoakan agar para pemudik selamat sampai tujuan, dan menyarankan tetap berhati-hati berkendara.

Ada waktu dimana ia mengajak para pemudik untuk bekerja sama menggunakan rest area sebaik mungkin, supaya tidak menimbulkan kemacetan yang menyebabkan pemerintah memberlakukan rekayasa lalu lintas seperti one way atau contra flow.

Berbeda dengan Menko PMK Muhadjir Effendy. Dalam kesempatan itu ia aktif bertanya kemana tujuan pemudik. 

BACA JUGA:Hadapi KKB Papua, Panglima TNI Naikan Status di Papua Jadi Operasi Siaga Tempur

Mengingat semakin jauh tujuan pemudik, potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas semakin besar, karena tubuh yang mungkin mengalami kelelahan selama perjalanan.

Maka dari itu, Menko PMK memastikan setiap pemudik yang melintas setidaknya mempunyai satu pengemudi cadangan agar bisa bergantian mengemudi dan melanjutkan perjalanan dengan aman.

“Ini perjalanan kemana? Semarang? Sudah sampai ya. Ini yang mengemudi sendirian atau ada cadangannya? Ayo hati-hati,” kata Muhadjir kepada pemudik asal Jakarta.

Setelah melakukan kunjungan, kedua tokoh tersebut memantau kepadatan yang terjadi di GT Kalikangkung. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: