Kereta Motis Tengah: Cuma Bayar Rp10 Ribu dengan Jarak 480 km

Kereta Motis Tengah: Cuma Bayar Rp10 Ribu dengan Jarak 480 km

Kereta Api Indonesia-FIN.CO.ID-

Kereta Motis Tengah - DJKA akan mempersiapkan kuota sebanyak 10.440 untuk angkutan motor gratis (motis) saat periode mudik lebaran 2023 termasuk kereta motis tengah.

Direktur Lalu Lintas dan Kereta Api Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Djarot Tri Wardhono mengatakan, pendaftaran PSO motis baik kereta motis tengah, utara dan selatan ini sudah berjalan dari 1 Maret yang lalu. 

"Jadi sudah cukup lama lebih dari sebulan, dan alhamdulillah hingga pukul 12 tadi sudah 7.300-an motor yang terdaftar dari kapasitas kita 10.440. Ini tinggal sedikit lagi," kata Djarot di Jakarta, Senin 10 April 2023.

Djarot menjelaskan, program motis untuk mudik Lebaran 2023 sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya.

Perbedaan pertama yaitu mengenai jalur lintas angkutan motis. Motis lebaran 2023 dibagi menjadi tiga jalur, yakni lintas utara, lintas tengah dan lintas selatan.

Kereta Motis Utara atau Lintas utara mencakup Stasiun Cilegon - Pasar Senen - Stasiun Tawang, Semarang.

Kereta Motis Tengah atau Lintas tengah mencakup Stasiun Pasar Senen - Stasiun Purwosari.

Kereta Motis Selatan atau lintas selatan yang mencakup Stasiun Kiaracondong - Stasiun Purwosari.

"Lintas ada lintas utara, tengah, dan selatan. Tiga lintas ini yang cukup banyak orang untuk menuju kesana. Kita ingin menyebar proporsi atau distribusi dari motor tersebut," ujar Djarot.

Djarot memaparkan, berbeda dengan tahun sebelumnya, pada program angkutan motis lebaran tahun ini, DJKA menyatukan kereta pengangkut motor dengan kereta pengangkut penumpang agar lebih efektif.

Selain itu, Djarot melanjutkan, program angkutan motis 2023 mempunyai tarif yang cukup murah dibandingkan tahun sebelumnya.

Tarif tersebut hanya untuk penumpang, sedangkan angkutan motornya sendiri gratis.

Untuk Kereta Motis Utara lintas utara, jarak pelayanan 0 sampai 330 km hanya bertarif Rp10 ribu per orang, sedangkan jarak lebih dari 330 km dikenakan tarif Rp20 ribu per orang.

Untuk Kereta Motis Tengah lintas tengah, jarak pelayanan 0 sampai 480 km dikenakan tarif Rp10 ribu per orang, sedangkan jarak lebih dari 480 km Rp20 ribu per orang.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: