Telkom Melalui ITDRI Berkolaborasi dengan ITB dan UNPAD Kembangkan Talenta Digital Unggulan Masa Depan

Telkom Melalui ITDRI Berkolaborasi dengan ITB dan UNPAD Kembangkan Talenta Digital Unggulan Masa Depan

Kunjungan ITB dan Unpad dalam rangka sharing session di Innovation Center, Kampus ITDRI--

JAKARTA, FIN.CO.ID - PT Telkom Indonesia (persero) Tbk (Telkom) melalui Indonesia Telecommunication and Digital Research Institute (ITDRI) berupaya untuk mendorong index inovasi Indonesia dengan menyiapkan digital talent unggulan yang fasih dalam memanfaatkan teknologi digital.

Berkolaborasi dengan melibatkan aspek PentaHelix (Pemerintah, Masyarakat, Lembaga Usaha, Akademisi, dan Media), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran (Unpad) sebagai bagian dari lingkup akademik turut menjadi mitra ITDRI guna mempercepat pengembangan digital talent secara masif dan efektif.

BACA JUGA:Telkom Segera Integrasikan IndiHome ke Telkomsel

Hal tersebut diwujudkan melalui berbagi program, salah satunya adalah sharing session yang bertujuan untuk memperkaya insight dalam lingkup Learning, Research, and Innovation, yang dilaksanakan bersama ITB dan Unpad di kampus ITDRI, beberapa waktu lalu.

Deputy SGM Telkom CorpU sekaligus Deputy Chairman of ITDRI, Arif Rudiana menyampaikan bahwa saat ini ITDRI berfokus pada people development melalui proses Learning, Research, dan Innovation, sehingga secara langsung dapat mendorong perkembangan organisasinya.

Terkait fokus inovasi di ITDRI pun diarahkan kepada tiga hal yaitu IoT, Blockchain, serta AI selaras dengan kebutuhan industri.

“People development yang dilakukan oleh ITDRI akan melalui proses Learning, Research, and Innovation dimana fokus inovasinya diarahkan ke tiga hal yaitu  IoT, Blockchain, AI. Hal ini dipertimbangkan berdasarkan kebutuhan perusahaan dan industri saat ini. Dengan begitu, kolaborasi bersama ITB dan Unpad dapat memperkuat kapabilitas talenta Indonesia lebih luas lagi, khususnya pada sektor pendidikan,” ujar Arif.

BACA JUGA:Program Kewirausahaan Telkom Optimalkan Peluang UMKM di Berbagai Industri

Pada kunjungannya ke ITDRI,  Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB, Sugeng Joko Sarwono menjelaskan bahwa kolaborasi ini diharapkan akan mampu membangun kapabilitas bangsa Indonesia agar semakin kuat, dengan begitu harus dilakukan secara tepat sasaran.

“Terima kasih sudah diberi kesempatan berkunjung ke ITDRI. Innovation Center dan Living Lab yang dikembangkan sangat menarik, serta memberikan gambaran utuh tentang kiprah yang dilakukan ITDRI. Semoga ITDRI semakin sukses dan semakin memberi impak kepada masyarakat luas. Mudah-mudahan ada banyak hal yang bisa dikerjakan bersama-sama dengan LPIK ITB,” jelas Sugeng.

Hal tersebut juga dirasakan oleh Unpad bersama 89 mahasiswa/i-nya yang berkunjung  ke Kampus ITDRI untuk dapat melihat dan berdiskusi langsung mengenai transformasi yang dilakukan oleh TelkomGroup maupun kebutuhan industri akan talenta digital.

Guru Besar FEB UNPAD, Prof. Popy Rufaidah, mengajak seluruh mahasiswa/inya untuk memanfaatkan kolaborasi ini sebaik-baiknya agar dapat menjadi bekal bagi mereka untuk menghadapi tantangan di era digital ke depannyadengan berinovasi.

“Kegiatan kunjungan ke Telkom dapat membentuk persepsi positif mahasiswa atas praktik terbaik perusahaan, khususnya dalam penerapan manajemen strategis. Selain, itu, mahasiswa mempelajari beragam perkembangan inovasi di ITDRI. Kami ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada  mahasiswa Program Studi Sarjana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNPAD telah menjadi bagian perusahaan dalam kegiatan ini. Kegiatan ini selaras dengan program MBKM yang mensupport mahasiswa untuk belajar diluar kelas secara langsung dari praktisi,” papar Popy.

Selain melalui sharing session dan diskusi, tim ITDRI mengajak tim ITB dan Unpad untuk langsung melihat dan merasakan solusi digital yang telah rampung di Innovation Center.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: