5 Amalan di Malam Lailatul Qadar, Jangan Sampai Terlewatkan

5 Amalan di Malam Lailatul Qadar, Jangan Sampai Terlewatkan

Ilustrasi: Masjid Kota Tasikmalaya. Foto by Afdal Namakule--

5 Amalan Malam Lailatul Qadar- Malam Lailatul Qadar adalah malam yang jatuh pada 10 hari terakhir yakni sekitar malam 21, malam 23, 25 dan 27 atau 29 Ramadan. 

Namun untuk waktu yang pastinya, telah dirahasiakan Allah subhana wata'ala. Salah satu hikmah dirahasiakannya agar umat Islam berlomba-lomba meningkatkan ibadah di malam 10 hari terakhir bulan Ramadan. 

Ramadan 1444 Hijriah saat ini telah masuk pada 10 hari terakhir mulai pada tanggal 11 April 2023.

Pada malam Lailatul Qadar ini dianjurkan perbanyak ibadah dengan ihtiqaf di masjid. Sebab pada malam ini terdapat keutamaan yang lebih utama dari seribu bulan. 

Keutamaan malam Lailatur Qadar ini disebutkan dalam Alquran surah al-Qadr:

إِنَّآ أَنزَلۡنَٰهُ فِي لَيۡلَةِ ٱلۡقَدۡرِ وَمَآ أَدۡرَىٰكَ مَا لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ خَيۡرٞ مِّنۡ أَلۡفِ شَهۡرٖ تَنَزَّلُ ٱلۡمَلَٰٓئِكَةُ بِإِذۡنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمۡرٖ سَلَٰمٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطۡلَعِ ٱلۡفَجۡرِ   

“Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al-Qur’an pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. al-Qadr. 1–5). 

BACA JUGA:

Malam Lailatul Qadar adalah peristiwa di mana Allah ta'ala menurunkan Alquran secara utuh atau 30 juz dari Lauful Mahfuz ke langit dunia

Pada malam ini memiliki pahala yang besar. Sehingga dianjurkan untuk banyak beribadah pada malam Lailatul Qadar ini. 

Berikut amalan Lailatul Qadar: 

1. Shalat Tahajud

Shalat Tahajud pada malam Lailatul Qadar sangat dianjurkan. Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang berdiri (shalat) pada malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan harapan pahala, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran pada malam Lailatul Qadar juga memiliki pahala yang besar. Rasulullah SAW bersabda, 

"Barangsiapa membaca satu huruf dari kitabullah, maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif lam mim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf." (HR. Tirmidzi)

3. Berdoa

Berdoa pada malam Lailatul Qadar juga sangat dianjurkan. Rasulullah SAW bersabda, "Tiga hal yang tidak akan tertolak doanya: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi." (HR. Tirmidzi)

4. Membaca Istighfar

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: