News

Mudik Gratis untuk Warga Pamekasan di Luar Madura, Buruan Daftar

fin.co.id - 08/04/2023, 20:00 WIB

Ilustrasi Keluarga

Mudik Gratis untuk Warga Pamekasan -  Kabar Baik Warga Pamekasan di luar Madura yang ingin pulang ke kampung halamannya saat Lebaran 2023.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyediakan bantuan mudik gratis kepada warga Pamekasan. 

"Bantuan mudik gratis ini mulai 19 April 2023 dan pendaftaran telah dibuka sejak 27 Maret hingga 10 April 2023," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Pamekasan Basri Yulianto di Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu 8 April 2023.

Basri menjelaskan jumlah kendaraan mudik gratis yang disediakan Pemprov Jatim sebanyak 161 armada bus.

BACA JUGA: Asyik! Ada Mudik Gratis PT INKA Surabaya-Banyuwangi, Berangkat 18 April 2023

Pemprov juga menyediakan kuota angkutan kendaraan mudik gratis untuk 400 unit sepeda motor dengan kapal laut bagi masyarakat yang hendak mudik ke kepulauan.

"Ada beberapa persyaratan administratif yang harus dipenuhi bagi warga yang hendak mengikuti program mudik gratis ini," kata Basri.

Di antaranya, fotokopi KTP elektronik, foto kopi kartu keluarga (KK) dan calon penumpang harus telah divaksin pelengkap dengan menunjukkan bukti sertifikat vaksin.

Basri menjelaskan pemberangkatan mudik gratis ini secara simbolis pada 19 April 2023 di Kantor Dishub Provinsi Jawa Timur akan dilepas langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

BACA JUGA: Maknai Bulan Ramadan, BRI Group Berbagi Sembako Hingga Mudik Gratis

"Sesuai dengan hasil rapat koordinasi Dishub se-Jawa Timur beberapa waktu lalu, jumlah armada bus yang akan berangkat di hari pertama pelaksanaan mudik Lebaran sebanyak 90 unit," katanya.

Tujuannya ke 20 kabupaten/kota dengan rute Surabaya-Madiun, Surabaya-Magetan, Surabaya-Ponorogo, Surabaya-Nganjuk, Surabaya-Tulungagung, Surabaya-Blitar, Surabaya-Trenggalek, Surabaya-Bondowoso, Surabaya-Pacitan, Surabaya-Jember, Surabaya Malang-Blitar, Surabaya-Banyuwangi, Surabaya-Ngawi, Surabaya-Tuban, Surabaya-Madura, termasuk Pamekasan dan Kabupaten Sumenep, dan Surabaya-Bojonegoro.

Selain itu, Pemprov Jatim juga menyiapkan mudik gratis bagi masyarakat asal Jatim yang tinggal dan bekerja di Jakarta sebanyak 34 bus.

Sebanyak 20 unit bus akan diberangkatkan pada tanggal 18 April dari Jakarta menuju Jatim. Sedangkan bus balik gratis dari Jatim menuju Jakarta sebanyak 14 bus.

BACA JUGA: Link Pendaftaran Mudik Gratis Pelindo Makassar-Palopo dan Bulukumba Berangkat 17 April 2023

Admin
Penulis
-->