Sinergi Agp dan Pertamina Mendukung Pasokan Hsd

Sinergi Agp dan Pertamina Mendukung Pasokan Hsd

--

Sinergi Agp dan Pertamina Mendukung Pasokan Hsd- PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (PLN UIK TJB) yang berlokasi di  Jepara, Jawa Tengah mempunyai Obyek Vital Nasional yaitu PLTU Tanjung Jati B/PLTU TJB.

PLTU TJB Unit 1 s/d 4 yang pengoperasiannya menggunakan batubara ini menghasilkan daya kapasitas listrik sebesar 4 x 710 MW atau menopang sekitar 12% kebutuhan listrik di Jawa Bali. PLTU TJB telah dikelola secara efisien, aman, ramah dan peduli lingkungan.

Dengan diterapkan teknologi terbaru dalam menangani emisi FGD (Flue Gas Desulfurization) yang mampu memanfaatkan keunggulan keekonomian batubara sebagai bahan bakar yang murah namun ramah lingkungan. PLTU TJB menjadi salah satu PLTU terbaik dunia versi majalah Power Magazine.

Disamping itu PLN UIK TJB mempunyai prestasi dengan memperoleh penghargaan dari pemerintah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) Emas ”hattrick” sebanyak tiga kali secara berturut-turut mulai dari tahun 2019-2021.

Proper Emas menjadi penghargaan tertinggi dari penilaian sebagai bukti upaya berkelanjutan perusahaan dalam bidang lingkungan, melakukan inovasi dalam aspek pemberdayaan masyarakat, yang artinya perusahaan telah menerapkan pengelolaan lingkungan secara menyeluruh dan berkesinambungan.

BACA JUGA:

PLTU TJB dinilai telah berhasil melakukan inovasi dengan mengoptimalisasi pemanfaatan Fly Ash and Bottom Ash (FABA) serta pengurangan hingga 126 ribu m2 konsumsi air demin setiap tahun. 

Dalam hal security of supply PLN UIK TJB melakukan rantai pasok (supply chain) yang sangat ketat mulai dari stok pile, jadwal kedatangan kapal hingga pembongkaran batubara di PLTU TJB.

Sesuai dengan UU Pelayaran No. 17 Tahun 2008 tentang pengelolaan pelabuhan harus memiliki izin Badan Usaha Pelabuhan (BUP), maka PLN UIK TJB yang telah berkontrak dengan PT Adhi Guna Putera (PT AGP) yang telah memperoleh izin BUP berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan No. KP 762 Tahun 2012 tanggal 30 Juli 2012, sehingga PT AGP telah memenuhi syarat untuk mendukung pelayanan pelabuhan/terminal khusus di PLTU yang dimiliki oleh PLN.

PT AGP mendapat pekerjaan kontrak dengan PLN UIK TJB untuk mengoperasionalkan 3 (tiga) kapal pandu tunda (Harbor Tug Boat).

Sebagai afiliasi PLN PT AGP bekerjasama dengan Pertamina (sinergi BUMN) untuk mensupply pasokan HSD ke 3 kapal pandu tunda, sebagai contoh saat tanggal 27 Maret 2023 beberapa armada tangki HSD Pertamina-Patra Niaga melakukan pekerjaan pengisian HSD Industri sebanyak 8.000 Liter, sesuai dokumen resmi dari Pertamina-Patra Niaga Loading Order (LO) tanggal 27 Maret 2023 Delivery note number/date : 8092090919/27.03.2023, Customer’s PO number : 8918800000617486, Order number/date : 4024150854/27.03.2023 setiap kali pengiriman. Mengingat kebutuhan BBM untuk 3 kapal pandu tunda merupakan komponen biaya yang cukup signifikan.

Melalui kerjasama PT AGP dengan Pertamina-Patra Niaga sebagai pemasok HSD maka diharapkan security of supply batubara untuk PLTU TJB Unit 1 s/d 4 berlangsung aman dan lancar.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: