Stok Darah di Kota Bekasi Mengalami Penurunan Selama Bulan Suci Ramadan, PMI Siapkan Strategi Khusus

Stok Darah di Kota Bekasi Mengalami Penurunan Selama Bulan Suci Ramadan, PMI Siapkan Strategi Khusus

Sekretaris PMI Kota Bekasi, Kusnaman saat menunjukan stok darah-Tahta Aldo-

Stok Darah di Kota Bekasi Mengalami Penurunan Selama Bulan Suci Ramadan, PMI Siapkan Strategi Khusus - Stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi menipis selama Bulan Suci Ramadan, karena jumlah pendonor darah menurun.

Sekretaris PMI Kota Bekasi, Kusnaman mengatakan, ketersediaan stok saat ini memang sangat menipis apabila dibandingkan dengan hari normal.

"Kondisinya memang sudah sangat menipis dibandingkan hari-hari biasanya, permintaan memang setiap hari terus ada," kata Kusnaman saat dikonfirmasi, Rabu 5 April 2023.

Menurutnya, banyak masyarakat Kota Bekasi yang tidak melakukan donor darah dikarenakan sedang puasa selama Bulan Suci Ramadhan.

BACA JUGA:

  1. Asyik! Polres Karawang Sediakan Mudik Gratis 2023, Ini Kota dan Kabupaten Tujuannya
  2. Mensos Tri Rismaharini Beri Perawatan Khusus Bagi 2 Anak Ini di Sentra Pangudi Luhur Bekasi

Stok darah PMI Kota Bekasi golongan A saat ini sedang sangat langka dan memang sering kosong, terutama selama bulan puasa.

"Sudah biasa, dan ini bukan hanya sekali terjadi di Kota Bekasi, akan tetapi seluruh PMI ada dikota dan kabupaten di seluruh indonesia," jelasnya.

Banyak pendonor darah di PMI Kota Bekasi yang menunda hingga merubah jadwal, karena khawatir sedang menjalani puasa.

"Orang banyak yang menunda, pada jadwalnya mereka harus donor karena alasan puasa kekhawatiran lemas dan lain sebagainya," ucapnya.

BACA JUGA:

  1. Sadis! Ayah Hamili Anak Tirinya di Bekasi, Bunuh Bayi dengan Cara Dibekap Lalu Dipukul Berkali-kali
  2. Ayah Pembunuh Bunuh Bayi Hasil Hubungan Gelap Dengan Anak Tirinya di Bekasi, Ditetapkan Sebagai Tersangka

Guna memenuhi ketersediaan stok darah di Kota Bekasi, PMI telah membuat strategi khusus yang dijalankan selama Bulan Suci Ramadhan.

"Melakukan donor pengganti, misalkan ada pasien yang minta darah tertentu. kemudian stok terbatas, maka kita sampaikan harus ada donor pengganti dari keluarga atau kerabat yang bisa didorong dengan golongan yang sama sehingga stok itu tetap terjaga di kami. walaupun, saat kondisi tertentu stok darah itu tetap keluar," ungkapnya.

PMI Kota Bekasi juga menjalin kerjasama dengan sekolah yang ada di seluruh kecamatan se Kota Bekasi, untuk mengadakan buka puasa bersama disandingkan donor darah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: