Kurs Rupiah 30 Maret 2023 Perkasa di Tengah Para Investor Dunia yang Menunggu Data Ekonomi AS

Kurs Rupiah 30 Maret 2023 Perkasa di Tengah Para Investor Dunia yang Menunggu Data Ekonomi AS

Dolar ke Rupiah, Image oleh Jan Vasek dari Pixabay--

Kurs Rupiah 30 Maret 2023 Perkasa di Tengah Para Investor Dunia yang Menunggu Data Ekonomi AS - Kurs rupiah 30 Maret 2023 ditutup menguat 0,06 persen ke posisi Rp15.047 per dolar AS, dibandingkan penutupan kemarin yang berada di level Rp15.056 per dolar AS. 

Penguatan kurs rupiah hari ini terjadi di tengah penantian para investor dunia terhadap rilis ekonomi Amerika Serikat (AS).  

BACA JUGA:Petik Pelajaran Berharga Dari Kasus SVB, Dirut BRI Sebut Potensi Resesi Indonesia Hanya 2% di 2023

BACA JUGA:Tarik Tunai Tapi Uang Tidak Keluar dari ATM? Jangan Panik! Begini Cara Mengatasinya Lur

"Untuk hari ini market (pasar) masih menunggu pengumuman data ekonomi AS. Laporan data ekonomi ini dapat memberikan pengaruh pada kebijakan The Fed interest rate," kata analis ICDX Revandra Aritama, dilansir dari ANTARA, Kamis 30 Maret 2023. 

Data ekonomi AS yang dinantikan pasar antara lain indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (personal consumption expenditures/PCE), Produk Domestik Bruto kuartal IV 2022, dan klaim awal untuk tunjangan pengangguran AS (unemployment claims).

Revandra mengatakan jika inflasi AS dinilai kembali mengalami penurunan maka ada peluang Bank Sentral AS atau The Fed menahan tingkat suku bunga atau bahkan menurunkan tingkat suku bunga.

Sentimen saat ini, krisis perbankan yang mendera AS dinilai sudah mereda sehingga mengembalikan antusiasme bagi pelaku pasar. Antusiasme pelaku pasar memberikan dampak positif untuk rupiah.

BACA JUGA:IHSG Hari ini Ditutup Melemah, Saham GOTO Jadi Salah Satu Pemberat

BACA JUGA:Jelang Pembagian Dividen, Komisaris Hingga Direksi Borong Saham BBCA

Selain itu dari dalam negeri, laporan capital inflow juga sudah mengalami peningkatan pascakejatuhan Silicon Valley Bank (SVB). Hal itu menjadi sentimen positif bagi rupiah yang dalam beberapa hari terakhir mengalami penguatan.

Kurs rupiah pada pagi hari dibuka melemah ke posisi Rp15.075 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp15.044 per dolar AS hingga Rp15.086 per dolar AS.

Sementara itu, kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Kamis menguat ke posisi Rp15.062 per dolar AS dibandingkan posisi sebelumnya Rp15.094 per dolar AS.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: